Harga Infused Water Buatan Mahasiswa Malang UM 5000 per 250 ml, Bahannya Daun Beluntas & Jeruk Nipis

5 mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) Buat infused water dengan memanfaatkan daun beluntas dan air jeruk nipis. Harga 5000

Harga Infused Water Buatan Mahasiswa Malang UM 5000 per 250 ml, Bahannya Daun Beluntas & Jeruk Nipis
SURYA MALANG/Sylvianita Widyawati
Mahasiswa Biologi Universitas Negeri Malang (UM) dengan infused water dari daun beluntas dan jeruk nipis, Kamis (21/11/2019). 

SURYAMALANG.com - 5 mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) progam studi biologi FMIPA membuat infused water dengan memanfaatkan daun beluntas dan air jeruk nipis. Namanya Pluchea atau daun beluntas.

Anggota tim ini adalah Mastika Marisahani Ulfah, Intan Ayu Idha, Widad Lazuardi, M Kreshna Pangapdi dan
Zahra Firdaus.

"Biasanya daun beluntas hanya buat jamu atau simbukan/botok. Tapi segmennya jadi terbatas.

Karena itu kami mengolahnya lebih modern agar lebih meluas segmennya," jelas Mustika Marisahani Ulfah, anggota Tim Sahabat Pluchea pada SURYAMALANG.com, Kamis (21/11/2019).

Infused water ini fungsinya untuk mengurangi bau mulut dan bau badan yang kaya vitamin.

Dikatakan, meski diberi jeruk nipis tapi tidak mengurangi kandungan di daun beluntas yang antioksidan dan senyawa bakterialnya tinggi.

Diminum dalam kondisi dingin, infused water menyegarkan, bahkan tak terasakan jika itu berasal dari daun beluntas.

Dikatakan Mustika, awalnya diproduksi setahun lalu saat ada event.

Namun kini sudah memperoleh pendanaan dari kemenristekdikti. Dari hasil laba dan dana dikti, kemudian dibelikan alat produksi. Sehingga membuatnya lebih higienis karena ada alatnya.

"Awal dulu masih pakai manual," jawab cewek berhijab ini. Minuman yang dijual Rp 5000 dengan isi 250 ml ini akan dijual di Ekspo Kewirausahaan Mahasiswa (KMI) di Batam mulai 22-25 November 2019. "Kami akan mengenalkan produknya disana," jawab dia.

Selain itu juga telah dijual di tujuh outlet/kota seperti Jombang dan Surabaya. Ini setelah pihaknya memperoleh izin usaha mikro. Selain itu juga telah diuji kelayakannya.

"Sedang untuk bahan baku daun beluntang selain budi daya sendiri juga mendapat pasokan dari mitra. Banyak jenis daun beluntas. Tapi untuk produksi ini sudah pada satu jenis dan diujikan spesiesnya di LIPI

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved