Kabar Surabaya

KA Dharmawangsa Relasi Kereta Api Baru Lagi dari PT KAI untuk Koridor Surabaya-Jakarta PP

KA Dharmawangsa merupakan kereta api baru relasi Stasiun Pasar Turi-Stasiun Pasar Senen Jakarta.

KA Dharmawangsa Relasi Kereta Api  Baru Lagi dari PT KAI untuk Koridor Surabaya-Jakarta PP
PT KAI
KA Dharmawangsa telah mulai beroperasi pada Tanggal 1 Desember 2019 kemarin, seiring dengan KAI memberlakukan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2019 yang baru. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Satu lagi rangkaian kereta api (KA) baru diluncurkan PT KAI di penghjujung tahun 2019 ini.

Selain KA Sancaka Utara (Surabaya - Yogyakarta jalur Utara) dan KA Anjasmoro (relasi Jombang -  Pasar Senen Jakarta) ada juga KA Dharmawangsa yang mulai diluncurkan Minggu (1/12/2019).

KA Dharmawangsa merupakan kereta api baru relasi Stasiun Pasar Turi-Stasiun Pasar Senen Jakarta.

KA baru ini untuk mengakomodir tingginya animo masyarakat di koridor Surabaya-Jakarta /Pulang Pergi (PP) yang dari tahun ke tahun terus meningkat.

KA Dharmawangsa resmi beroperasi mulai kemarin, Minggu (1/12/2019) dengan keberangkatan pertama dari Stasiun Pasar Turi Surabaya.

"Resmi beroperasi kemarin bersamaan juga dengan KA Sancaka Utara, KA Dharmawangsa hadir karena masyarakat yang menggunakan jasa transportasi kereta tujuan Jakarta sangat tinggi di Wilayah Daop 8 sendiri," kata Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Senin (2/12/2019).

Peningkatan animo tersebut, dikatakan Suprapto dapat dilihat dari jumlah penumpang KA relasi Surabaya-Jakarta di tahun 2017 yang berjumlah 1.635.351 orang, kemudian di tahun 2018 terjadi kenaikan sebesar 4 persen menjadi 1.686.793 orang.

"Sementara untuk tahun 2019, pada periode Januari-Nopember (baru 11 bulan) angkanya sudah mencapai 1.420.316 penumpang," tambahnya

Dikatakan juga oleh Suprapto, Kehadiran KA Dharmawangsa melengkapi 6 perjalanan KA relasi Surabaya pasar Turi-Jakarta (Gambir/ Pasar senen) yang sudah ada.

Ke-6 perjalanan tersebut di antaranya adalah :
1. Argo Bromo Anggrek Pagi (Surabaya Pasar Turi-Gambir).
2. Argo Bromo Anggrek Malam (Surabaya Pasar Turi - Gambir).
3. Sembrani (Surabaya Pasar Turi-Gambir).
4. Kertajaya (Surabaya Pasar Turi-Pasar Senen).
5. Gumarang (Surabaya Pasar Turi-Pasar Senen).
6. Jayabaya (Surabaya Pasar Turi-Pasar Senen).

Lebih lanjut Suprapto juga menerangkan, bahwa beroperasinya KA Dharmawangsa mulai kemarin itu juga karena seiring dengan KAI memberlakukan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2019 yang baru.

"Kebijakan pemberlakuan Gapeka yang baru ini ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan nomor KP 1781 Tahun 2019 tentang Penetapan Grafik Perjalanan KA Tahun 2019 PT KAI (Persero)," jelasnya

Editor: Dyan Rekohadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved