Kabar Magetan

Arkeolog Bilang Arca Ganesha Gimbal di Magetan Langka, Bupati Suprawoto Enggan Disebut Cuek

Arkeolog Bilang Arca Ganesha Gimbal di Magetan Langka, Bupati Suprawoto Enggan Disebut Cuek

SURYAMALANG.COM, MAGETAN - Arca Ganesha berambut ikal yang sebelumnya di sebut warga Ganesha Gimbal yang ditemukan warga Dusun Ngledog, Desa Bangsri, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan merupakan arca langka.

"Sepanjang saya meneliti, Ganesha berambut ikal dan di belakangnya ada pahatan naga, baru sekali ini saya temukan. Ini langka dan satu-satunya,"kata Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, Wicaksono Dwi Nugroho kepada SURYAMALANG.COM, Jumat (6/12/2019).

Dikatakan Wicaksono, Ganesha Gimbal dan di baliknya terukir naga, merupakan arca yang keluar dari pakem yang ada pada umumnya Ganesha dalam Hindu Budha.

"Secara Ikonografi (identitas) arca Ganesha Berambut Ikal ini tidak menganut pakem pada umumnya Ganesha dalam Hindu Budha, tetapi beberapa unsur sudah masuk,"jelas Wicaksono.

Diungkapkan Wicaksono, tampak penggambaran relief Arca Ganesha Rambut Ikal ini dipahatkan dalam batuan utuh berketebalan 40 Cm, dan diletakkan menghadap ke Barat, sedang sisi Timur dipahat bentuk naga.

"Pahatan gambar naga naga China. Naga naga China di Dinas Kepurbakalaan tercatat abad ke 14 - 15 masehi. Yang menarik, kepala Ganesha sepertinya menggunakan mahkota, seperti naga naga pada umumnya,"kata Wicaksono.

Selain menggunakan mahkota, lanjut Wicaksono, rambut ikal Ganesha dibiarkan terurai.

Ekspresi ini sangat menarik, karena langka. Dan temuan ini menjadi sangat penting, menambah data khasanah sejarah budaya kita.

"Kita masih melakukan penelitian, mengapa ini ada di sini, kemudian pada masa apa dan apa hubungannya dengan budaya di Jawa Timur,"katanya.

"Menariknya lagi, Ganesha yang populer pada massa Hindu Budha abad ke-10, ketika itu tidak ada satu pun arca Ganesha Rambut Ikal," kata Wicaksono.

Halaman
123
Penulis: Doni Prasetyo
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved