Kota Batu

Warga Dusun Klerek Ingin Ubah Status 15 Ha Lahan Tidak Produktif

Sebagian warga Desa Torongrejo dari Dusun Klerek menghendaki agar lahan milik mereka yang saat ini berstatus hijau dialihkan menjadi kuning.

SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Ketua DPRD Batu, Asmadi berdialog dengan warga yang ingin lahan tidak produktif milik mereka berganti status menjadi lahan hijau. 

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU - Sebagian warga Desa Torongrejo yang berasal dari Dusun Klerek menghendaki agar lahan milik mereka yang saat ini berstatus hijau dialihkan menjadi kuning.

Pasalnya, lahan seluas 15 ha itu sudah tidak produktif lagi.  Warga tidak mendapatkan hasil dari keberadaan tanah, namun tetap membayar pajak.

Warga, didampingi pengacara mengadu ke Ketua DPRD Batu Asmadi. Asmadi menemui mereka di ruang kerjanya, lantai 2 DPRD Batu.

Kayat Haryanto, pengacara yang mendampingi warga menjelaskan, warga menghendaki perubahan status dari hijau menjadi kuning.

Lahan tanah yang berada di lereng Gunung Wukir itu sudah tidak produktif lagi untuk ditanami.

“Faktanya tanah tersebut tidak bisa digarap lahan pertanian. Oleh karena itu ingin mengalihkan fungsi,” kata Kayat kepada SURYAMALANG.COM.

Di 15 ha lahan itu, ada 125 orang pemilik tanah. Dijelaskan Kayat, sudah lebih dari 15 tahun tanah tidak bisa digarap.

Sedangkan warga yang ingin memanfaatkan lahan untuk kebutuhan lainnya tidak bisa bertindak karena masih berstatus hijau.

Status hijau ini berarti lahan tidak boleh didirikan bangunan.

“Jadi kami ingin segera dialihkan statusnya. Kami sudah mendapat konfirmasi dari Dinas Pertanian kalai itu lahan hijau,” ujar Kayat.

Halaman
123
Penulis: Benni Indo
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved