Breaking News:

Malang Raya

Jelang Imlek, Umat Klenteng Eng An Kiong Kota Malang Hantarkan Dewa Dewi ke Langit

Puluhan warga keturunan Tionghoa menghantar Dewa Dewi ke langit dalam Sembahyang Sang Sien di Klenteng Eng An Kiong, Kota Malang

SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
Pengurus Klenteng membersihkan Patung Dewa Dewi usai sembahyang Sang Sien yang digelar satu minggu sebelum Imlek di Klenteng Eng An Kiong, Kota Malang, Sabtu (18/1/2020). 

SURYAMALANG.COM, KEDUNGKANDANG - Puluhan warga keturunan Tionghoa menghantar Dewa Dewi ke langit dalam Sembahyang Sang Sien di Klenteng Eng An Kiong, Kota Malang, Sabtu (18/1/2020).

Sembahyang ini diikuti pemeluk agama Konghucu, Tao, dan Buddha yang digelar satu tahun sekali menjelang tahun baru Tiongkok atau Imlek

Ketua bidang Agama Kelenteng Eng An Kiong, Herman Subianto mengungkapkan  sembahyang Sang Sien digelar satu minggu menjelang Imlek.

"Sembahyang ini bertujuan menghantar Dewa Dewi (Sin Bing) ke langit untuk melaporkan amal perbuatan manusia selama satu tahun terakhir, " jelasnya pada SURYAMALANG.COM.

Dia menambahkan, setelah sembahyangan itu, pengurus kelenteng akan memulai ritual membersihkan dan memandikan patung dewa-dewi.

"Untuk hari ini kami hanya membersihkan patung dan altar dewa utama, baru hari selanjutnya dewa dewi yang ada pada 14 altar lain," jelasnya.

"Ritual pembersihan dan memandikan patung dewa dewi ini harus selesai sebelum Imlek," pungkasnya

Dari pantauan SURYAMALANG.COM, sembahyangan Sang Sien diawali dari ruang bagian depan kelenteng lalu berlanjut pada ruang utama dan14 ruang altar.

Setelah sembahyangan selesai, pengurus kelenteng mulai membersihkan patung dewa utama.

Sejumlah warga juga terlihat melakukan ritual ramalan ciamsi untuk melihat peruntungannya pada tahun tikus logam.

Penulis: Hayu Yudha Prabowo
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved