Breaking News:

Malang Raya

Sebagai Pilot Project, Universitas Terbuka Bisa Jadi Pilihan di SNMPTN

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ikut dalam SNMPTN tahun ini adalah Universitas Terbuka (UT).

suryamalang.com

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ikut dalam SNMPTN tahun ini adalah Universitas Terbuka (UT).

Hal itu disampaikan oleh Prof Budi Prasetyo, Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) pada SURYAMALANG.COM, Jumat (24/1/2020). Kuotanya hanya 100 orang.

"Pada tahun 2020, UT ikut gabung di SNMPTN. Ada dua prodi yang ditawarkan yaitu Prodi S1 Sistem Informasi dan Prodi S1 Teknologi Pendidikan," jelas Budi.

Kuota masing-masing prodi sebanyak 50 orang. Disebutnya, ini sebagai pilot project sehingga kuotanya 100. Sedang ketentuan masuk UT mengikuti jalur SNMPTN sebagaimana sudah berjalan.

Adapun dua prodi itu ada di Jawa dan luar pulau Jawa. S1 Sistem Informasi ada di Fakultas Sains dan Teknologi Unit Program Pembelajaran Jarak Jauh (UPBJJ) Serang dan Pangkal Pinang.

Sedangkan S1 Teknologi Pendidikan ada di FKIP UPBJJ Makasar dan Medan. Karena masuk SNMPTN, maka yang bisa ikut adalah siswa kelas 12 tahun ini.

Dalam SNMPTN, selain PTN umum juga masuk UIN. Tapi yang ditawarkan di UIN adalah prodi bersifat umum.

Tri Endarwati, Kepala SMKN 9 Malang pada SURYAMALANG.COM menyambut baik masuknya UT dalam pilihan SNMPTN.

"Bagi siswa SMK ini menambah pilihan lembaga pendidikan untuk melaksanakan pendidikan lanjut sehingga wawasan dan kompetensi meningkat," jelas Tri terpisah.

Dikatakan, seiring perkembangan IT, maka siswa bisa belajar secara mandiri tanpa harus tatap muka dan tetap bisa bekerja setelah lulus SMK.

Halaman
12
Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved