Travelling

Sensasi Berwisata Selama Bromo Car Free Month, Lebih Alami Menikmati Hening & Keindahan Gunung Bromo

Moment Car Free Month jadi daya tarik tersendiri, karena penikmat wisata gunung Bromo hanya bisa menikmati Gunung Bromo berjalan kaki atau berkuda

Sensasi Berwisata Selama Bromo Car Free Month, Lebih Alami Menikmati Hening & Keindahan Gunung Bromo
Bromo Car Free Month bisa menjadi cara baru menikmati alam Gunung Bromo secara alami tanpa lalu lalang kendaraan bermotor 

Laporan Wartawan TribunJatimTravel.com, Nur Ika Anisa

SURYAMALANG.COM - Moment Car Free Month yang berlaku di kawasan wisata Gunung Bromo bisa menjadi sensasi tersendiri.

Moment Car Free Month atau Bromo tanpa kendaraan bermotor selama satu bulan berlaku sejak 25 Januari lalu dan sempat memunculkan pandangan negatif dari sejumlah pihak.

Aturan ini diberlakukan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) untuk menghormati perayaan Wulan Kepitu (bulan ketujuh) yang merupakan bulan suci bagi Suku Tengger.

Nikmati Cantiknya Sunrise di Bukit Lincing, Jalur Pendakian Gunung Arjuno via Lawang Malang

3 Kali Kawin Cerai Ternyata Dewi Perssik Belum Pernah Rasakan Pengalaman ini Bersama Suami

Jika dilihat dari sisi positifnya, moment Car Free Month bisa menjadi daya tarik kunjungan wisatawan tersendiri, karena penikmat wisata gunung Bromo hanya bisa menikmati Gunung Bromo dengan berjalan kaki atau berkuda.

Di moment ini, Gunung Bromo menyuguhkan suasana yang berbeda.

Tak ada lalu lalang kendaraan roda dua maupun jeep di sekitar bukit Teletubbies dan Pasir Berbisik.

Wisatawan yang datang hanya bisa berjalan kaki sekitar dua kilometer dari start point Probolinggo Gate atau enam kilometer dari Jemplang.

"Kalau dari sisi alamnya, saya bilang sangat fresh. Tenang, tidak berdebu," kata wisatawan Gunung Bromo Mimi, Jumat (31/1/2020).

Sebagai guide Gunung Bromo, ia mengatakan wisawatan yang datang pun merasakan tenang dan lebih nyaman untuk menikmati keindahan alam Gunung Bromo.

"Sumpeknya lihat mobil parkir jadi berkurang. Dari beberapa wisatawan asing juga mengaku lebih suka suasana seperti ini, fokus menikmati alam," kata dia.

Wisatawan yang datang pun jalan santai ramai-ramai saling berinteraksi di tengah kabut pagi pada ketinggian 2.329 mdpl.

"Interaksi sewaktu-waktu, jalan ramai-ramai. Ada interaksi sesama wisatawan jadi yang tidak kenal sebelumnya karena jalan rame-rame jadi ngobrol dan sharing adventure mereka masing," kata Mimi.

Gunung Bromo resmi memberlakukan car free month untuk menghormati puasa putih Suku Tengger, Jumat (25/1/2020) hingga satu bulan mendatang.

Editor: Dyan Rekohadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved