Breaking News:

Penanganan Virus Corona di Malang

Kado Ulang Tahun Ke 39, Unisma Rilis Bilik Bevico 193

Universitas Islam Malang (Unisma) merilis bilik Bevico 193, Jumat (27/3/2020). Bevico singkatan dari Berantas Virus Corona.

Penulis: Sylvianita Widyawati | Editor: Zainuddin
SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Prof Dr Maskuri MSi, Rektor Universitas Islam Malang (Unisma) mencoba masuk ke bilik Bevico (Berantas Virus Corona) 193 buatan mahasiswa Fakultas Teknik saat dirilis, Jumat (27/3/2020). 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Universitas Islam Malang (Unisma) merilis bilik Bevico 193, Jumat (27/3/2020). Bevico singkatan dari Berantas Virus Corona.

Ini sebagai hadiah untuk dies natalis kampus ini ke 39. Adapun 193 adalah nomer jalan kampus.

"Dalam ujian ini, muncul kreatifitas yang baru," ungkap Noor Askandar SE MM, Ketua Tim Satgas Penanggulangan Covid-19 saat kegiatan rilis di halaman rektorat.

Bevico 193 dikerjakan oleh tim mahasiswa Fakultas Teknik dan didampingi dosen-dosen. Bentuk biliknya warna putih dari bahan besi dan plastik mika.

"Kami terinspirasi dengan kampus-kampus lain juga. Namun kami ada keunggulan di inovasi sensornya yaitu ultrasonik dan gerak," jelas Febri Hariadi, mahasiswa Teknik Mesin, jubir tim mahasiswa pembuat pada SURYAMALANG.COM terpisah.

Tim Pembuatan Bevico 193 yaitu Dr Ena Marlina ST MT, Ismi Choirotin ST MT MSc, Moh Jasa Afroni ST MT PhD, Johansyah Raviko (laboran) dan Puguhsuko D.

Sedang tim mahasiswa yaitu Febri Hariadi, Firdaus F, Chasan Y, Mashudi dan Saidi. Dari pantauan, mereka yang masuk dibilik langsung ditangkap sensor dan disemprot antiseptik.

"Cukup memutar sekali saja setelah itu keluar. Jika tetap memutar, maka akan disemprot lagi karena dibaca sensornya," kata Febri.

Namun sebagai cadangan jika sensor mengalami kerusakan juga bisa dijalankan secara manual. Dikatakan, saat ini sudah ada pemesanan lima bilik. Sedang biaya produksinya sekitar Rp 2,5 juta per bilik.

Untuk bilik yang sudah jadi ini disiapkan antiseptik sebanyak 25 liter. Sebelumnya, bilik ini sudah diujicoba beberapa kali.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved