Virus Corona di Jatim

Jawa Timur Sediakan 9 Lahan Pemakaman Jenazah Covid-19 di Daerah Berbeda, Kerjasama dengan Perhutani

Sebanyak sembilan titik bidang lahan pemakaman tersebut disiapkan di sembilan lokasi berbeda di Jawa Timur dengan luasan sekitar 1.000 meter persegi.

SURYAMALANG.COM/Sugiharto
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat memberikan keterangan pers di Grahadi terkait perkembangan pasien covid-19, Selasa (23/3/2020). 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Pemprov Jatim menyiapkan 9 lokasi pemakaman yang disiapkan bagi korban kasus virus corona atau covid-19. 

Sebanyak sembilan titik bidang lahan pemakaman tersebut disiapkan di sembilan lokasi berbeda di Jawa Timur.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebutkan ada sebanyak sembilan lokasi lahan pemakaman yang sudah disiapkan khusus untuk kasus covid-19 setelah berkoordinasi dengan Perhutani.

Jadwal Istigosah Kubro Online PWNU Jatim 8 April 2020 Jam 19.30, Diikuti di Pemprov Jatim

Kabupaten Malang Tidak Terapkan PSBB, Bupati Sanusi : Pasien Meninggal Covid-19 Hanya 1 Orang

Masa Belajar di Rumah Siswa SMA, SMK dan PKLK Diperpanjang, Pemprov Jatim : Bisa Dipersingkat

Masing-masing lokasi lahan pemakaman tersebut memiliki luasan sekitar 1.000 meter persegi.

“Setelah kami berkoordinasi dengan Perhutani terkait penyediaan lahan untuk pemakaman jenazah pasien covid-19, total sudah ada 9 titik bidang tanah yang disediakan oleh Perhutani,” ucap Khofifah, Selasa (7/4/2020).

Upaya Pemprov Jatim menyediakan lahan pemakaman tersebut tak lain karena beberapa waktu belakangan terjadi penolakan pemakaman jenazah di sejumlah daerah di Jawa Timur.

Masyarakat kerap kali menolak jenazah korban virus corona covid-19 untuk dimakamkan di satu daerah tertentu.

Sehingga dengan upaya penyediaan lahan khusus pemakaman kasus covid-19, Khofifah berharap agar tidak ada lagi konflik di masyarakat dan keluarga korban tetap bisa tenang.

“Lokasi detailnya tidak diumumkan. Tetapi rumah sakit rujukan kita, baik yang rujukan pertama maupun rujukan utama sudah kami koordinasikan. Pihak Polsek dan Koramil juga sudah terinformasi,” tegas Gubernur Khofifah.

Lebih lanjut gubernur perempuan pertama Jatim ini mengatakan bahwa sembilan titik lokasi pemakaman tersebut sudah disediakan menyebar di daerah Jawa Timur.

“Agar setiap daerah tidak jauh jika akan melakukan pemakaman jenazah korban covid-19,” tegasnya.

Mantan Menteri Sosial dan Menteri Pemberdayaan Perempuan ini menegaskan bahwa titik lahan pemakaman yang disediakan untuk korban covid-19 sudah memenuhi syarat dan protokol kesehatan yang ada.

Misalnya tidak boleh kurang dari 50 meter dari sumber air tanah, dan 500 meter jaraknya dari pemukiman.

Selain itu setiap jenazah yang akan dimakamkan di lokasi tersebut sudah diterapkan protokol pemulasaraan jenazah yang benar.

Termasuk yang memakamkan harus menggunakan APD lengkap, proses penguburan jenazah dilakukan sesuai dengan ketentuan syariah dan protokol medis.

Proses ini dilakukan dengan cara memasukkan jenazah bersama peti ke dalam liang kubur tanpa harus membuka peti, plastik, dan kafan.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved