Breaking News:

Kesehatan

Tips Mengatasi Stres Selama Masa PSBB, Termasuk Kurangi Aktivitas di Media Sosial

Aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB Surabaya Surabaya berpotensi menimbulkan stres.

SURYAMALANG.COM - Aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB Surabaya Surabaya berpotensi menimbulkan stres.

Pakar Psikologi Sosial Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Dr Andik Matulessy, M.Si., Psikolog menjelaskan setiap situasi yang sulit diprediksi dan sulit dikendalikan akan menimbulkan kecemasan pada diri seseorang.

"Kecemasan yang tidak segera terselesaikan inilah yang akan mengarah pada stres," kata Dr Andik kepada SURYAMALANG.COM, Rabu (6/5/2020).

"Terutama bagi orang yang mengandalkan pemasukan dari bekerja atau berdagang, karena penghasilannya semakin minim," imbuhnya.

Begitu pula orang yang mengalami kebosanan di rumah akibat tidak memiliki waktu dan ruang untuk mendapat kesenangan, seperti nongkrong di cafe atau warkop.

Andik menjelaskan PSBB juga memberikan kenyamanan bagi masyarakat, seperti lebih fokus untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga, karena lebih banyak waktu di rumah.

"Selain itu juga seseorang terhindar dari perilaku kriminalitas, dan memberi peluang untuk fokus dalam pengembangan diri," ujar Dr Andik.

Meski PSBB memberikan kenyamanan, setiap masih ada kemungkinan stres.

Andik menyebut stres dapat terjadi pada seseorang jika orang tersebut memiliki pengetahuan yang kurang tentang Covid-19, seperti infeksi, cara penularan, obat penyembuh dan lain sebagainya.

Ketidakmampuan seseorang untuk menyesuaikan diri dengan perubahan dan kondisi perkembangan wabah yang cepat juga memicu stres.

Halaman
12
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved