Breaking News:

Virus Corona di Surabaya

Unair Dapatkan 6 Whole Genome untuk Penelitian Vaksin Covid-19, Alat Bantuan BIN Percepat Proses

Dari enam whole genome yang didapatkan Unair ini ada beberapa hal yang menarik. Salah satunya tipe pola yang mengikuti China.

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Di sela serah terima bantuan alat laboratorium dari BIN, Rektor Universitas Airlangga (Unair), Rektor Unair, Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak., CMA mengatakan, Unair sudah mendapatkan enam whole genome dari sampel yang diambil sejak bulan Maret dan saat ini.

Whole genome merupakan sidik jari yang dimiliki virus Covid-19. Whole genome sendiri dikembangkan Unair untuk membuat vaksin covid-19 yang sedang dikembangkan.

Penemuan enam whole genome itu nanti akan segera diupload di GISAID, karena ini menjadi temuan yang sangat strategis untuk virus yang tersebar di Indonesia.

Dari enam whole genome yang didapatkan Unair ini ada beberapa hal yang menarik. Salah satunya tipe pola yang mengikuti China.

Kepala ITD Unair Prof Maria Inge Lusida mengungkapkan 6 whole genome yang ditemukan berasal dari 2p sample positif yang didapatkan ITD.

Dari 20 itu sudah hampir komplit ada 6, sehingga kalau sudah 100 persen kita akan deposit di data bank. Sementara 99,6 persen jadi hampir belum 100 persen.

Dari 6 whole genome yang ditemukan sudah cukup bagus dan bisa dianalisa. Sample yang diteliti juga didapatkan dari beberapa daerah di Indonesia.

Penelitian akan terus dilanjutkan dengan mengambil sample dari beberapa lagi daerah di Indonesia. Agar DNA-nya bisa diurutkan, bila dalam mengurutkannya tidak ada yang terlewat, berarti tidak ada virus yang bermutasi di Indonesia.

Simak keterangan: Tim peneliti Unair, Prof. Dr. Ni Nyoman Tri Puspaningsih M.Si., Rektor Universitas Airlangga (Unair), Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak., CMA dan Kepala ITD Unair Prof Maria Inge Lusida dalam video di atas.

Badan Intelejen Negara (BIN) memberikan sejumlah peralatn laboratorium pada Universitas Airlangga (Unair), Jumat (8/5/2020).

Halaman
12
Penulis: Ahmad Zaimul Haq
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved