Kabar Gembira ! Pemerintah Akan Perpanjang Subsidi Listrik Hingga September Simak Cara Dapatkannya

Pemerintah akan memperpanjang subsidi listrik bagi pelanggan 450 Volt dan 900 VA hingga September 2020.

Penulis: Farid Farid | Editor: Adrianus Adhi
Suryamalang.com/kolase instagram @pln_id/TRIBUNJATENG/SAIFUL MA'SUM
listrik gratis PLN 

SURYAMALANG.COM, Malang Pemerintah akan memperpanjang subsidi listrik bagi pelanggan 450 Volt dan 900 VA hingga September 2020. 

Mengutip dari artikel Tribunnews.com Kabar gembira ini disampaikan langsung oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam telekonferensi hari ini Senin 18 Mei 2020. 

"Sekarang subsidi listrik untukpelanggan 450 VA dan 900 VA yang subsidinya adalah dari mulai bulan April hingga Juni, sekarang akan diperpanjang sampai September," ujar Sri Mulyani. 

Sebelumnya, pemerintah menggratiskan tarif listrik bagi pelanggan dengan daya listrik 450 VA untuk 24 juta rumah tangga.

Pasca pelanggan membayar tagihan listrik, maka rekening listrik akan digratiskan baik dari biaya pemakaian maupun biaya beban.

Bagi pengguna listrik prabayar, setiap bulannya akan diberikan token gratis sebesar pemakaian tertinggi dari pemakaian tiga bulan terakhir.

 
Kemudian, pemerintah memberikan diskon 50% bagi pelanggan 900 VA yang mencakup 7,2 juta rumah tangga.

Pasca pelanggan membayar tagihan listrik, maka rekening listrik yang dibayar hanya 50% dari biaya pemakaian dan biaya beban.

Bagi pengguna listrik prabayar, setiap bulannya pemerintah akan memberikan token gratis sebesar 50% dari pemakaian tiga bulan terakhir.

Subsidi yang diberikan ini dilakukan selama tiga bulan dimulai dari bulan April sampai Juni dengan total anggaran yang disiapkan sebesar Rp 58,29 triliun.

Seiring dengan tambahan subsidi menjadi 6 bulan, maka pemerintah turut menambah anggaran sebanyak Rp 6,9 triliun.

Perluasan subsidi listrik ini, diharapkan akan membantu mengurangi beban masyarakat di tengah gejolak pandemi di dalam negeri.

Ada empat golongan yang kini bisa mendapatkan diskon tagihan maupun token lsitrik gratis .

Adapun golongan yang baru-baru ini ditambahkan sebagai penerima bantuan listrik yakni bisnis atau industri kecil.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved