Virus Corona di Batu

Pemkot Batu Akan Gelar Tes Cepat Massal Atau Rapid Test Bagi Pedagang Sayur di 24 Desa

Saat ini Pemkot Batu sedang mengatur waktu pelaksanaan rapid test antara Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan dengan Dinas Kesehatan.

SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Tenaga kesehatan dari Puskesmas Bumiaji berdialog dengan warga Desa Giripurno di posko tes cepat yang dibuka di Balaidesa Giripurno, Senin (18/5/2020). 

SURYAMALANG.COM, BATU – Pemerintah Kota Batu akan melakukan tes cepat atau rapid test massal untuk mendeteksi awal dan mengetahui kondisi masyarakat yang memiliki potensi risiko tinggi terpapar Covid-19,

Tes cepat akan dilakukan terhadap warga yang mobilitasnya keluar masuk Kota Batu.

“Terutama bagi para pedagang sayur atau para pengepul sayur yang mengirim sayur dari Kota Batu ke luar kota,” terang M Chori,Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batu, Senin (18/5/2020).

Diterangkan Chori, ada 78 orang pedagang atau pengepul sayur yang telah mengikuti tes cepat.

Semuanya tersebar berasal dari lima desa yakni Desa Beji, Torongrejo, Tulungrejo, Giripurno dan Oro-oro Ombo.

“Dari 78 orang yang dites, 72 orang non reaktif dan 6 orang reaktif. Rencana besok akan dilanjutkan di Desa Sumberbrantas,”ujar Chori..

Selain pedagang sayur yang mengirim sayur ke luar kota, dalam waktu dekat akan dilakukan tes cepat bagi pedagang Pasar Besar Batu.

Diterangkan Chori, saat ini Pemkot Batu sedang mengatur waktu pelaksanaannya antara Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan dengan Dinas Kesehatan.

Sementara itu, Dinas Pertanian Kota Batu memfasilitasi sekitar 300 pedagang sayur di Kota Batu untuk mengikuti tes cepat.

Hal tersebut dilakukan karena beberapa waktu terakhir klaster penyebaran Covid-19 di Jawa Timur berasal dari pasar.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved