PSBB Surabaya Raya

Angka Penularan Corona di Sidoarjo Masih Tinggi, 1 Orang yang Terpapar Tularkan ke 4 Orang Lain

Pembatasan sosial berskala besar atau PSBB Surabaya Raya di Sidoarjo terus berlanjut karena penyebaran masih terus meningkat

SURYAMALANG.COM/Sugiharto
Ilustrasi - Ketua Tim Tracing Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim Kohar Hari Santoso menjelaskan perkembangan perkembangan penyebaran virus covid19 di daerah surabaya sidoarjo dan gresik, Senin (18/5/2020). Meski sudah masuk tujuh hari PSBB tahap ke dua tren penyebaran virus covid 19 masih mengalami peningkatan. 

SURYAMALANG.COM | SIDOARJO - Pembatasan sosial berskala besar atau PSBB Surabaya Raya di Sidoarjo terus berlanjut. Selain karena penyebaran masih terus meningkat, angka penularan covid-19 di Kota Delta juga masih tinggi.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo, Syaf Adityawarman, angka penularan di Sidoarjo 1:4 artinya satu orang yang terpapar rata-rata menularkan ke empat orang lain.

"Dari sisi kesehatan, kondisi itu yang mendasari keputusan melanjutkan PSBB. Namun, ada juga pertimbangan lain," kata dokter Syaf, Rabu 27/5/2020).

Pada pelaksanaan PSBB tahap tiga, pemerintah lebih mengedepankan peran desa.

Check point atau tempat pemeriksaan diharapkan bisa lebih maksimal dengan menguatkan desa atau dusun.

"Masyarakat agar lebih terfilter. Sejak keluar dari kampung, sudah dicek kondisinya dan dipastikan tujuannya keluar rumah," lanjutnya.

Di desa-desa juga dibentuk kampung tangguh.

Harapannya, selama 14 hari ke depan angka penyebaran dan penularan covid-19 bisa ditekan.

"Kampung tangguh bakal dipertahankan sampai masa pandemi selesai," lanjutnya.

Di Sidoarjo juga sudah ada dua hotel yang dimanfaatkan untuk tempat isolasi OTG (orang tanpa gejala) yang berstatus positif covid-19.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved