Breaking News:

APD Indonesia Akhirnya Lolos Uji Lab WHO, Pemerintah Bersiap Produksi Masal Untuk Tenaga Kesehatan

APD buatan Indonesia lolos lisensi WHO dan siap di produksi Massal untuk tenaga medis indonesia dalam penanganan Covid-19

Polres Malang
Bupati Malang, Sanusi mengenakan baju APD berwarna putih saat menerima bantuan dari BMH Malang di Pendapa Panji Kepanjen, Rabu (29/4/2020). 

SURYAMALANG.COM, Malang Kabar gembira bagi masyarakat Indonesia dan tenaga medis, pasalnya resmi APD buatan Indonesia lolos lisensi WHO

Informasi ini menjadi angin segar bagi pemerintah Indonesia yang berupaya memproduksi APD atau Alat Pelindung Diri untuk menangani pasien Covid-19

Diketahui sebelumnya pemerintah mengalamai kesulitan atas kebutuhan APD bagi tenaga kesehatan yang menanani Covid-19

Alhasil minimnya APD yang diterima tenaga Kesehatan membuat resiko penularan semakin besar dan berujung pada kematian. 

Kemudian pemerintah melalui Kementerian BUMN berupaya keras untuk memproduksi APD sendiri dan bahan baku yang dimiliki. 

Pemerintah selanjutnya mencoba menglisensikan kepada WHO atau organisasi kesehatan dunia yang mengatur standar keamanan dari APD atau alat pelindung diri tersebut. 

Hingga akhirnya (APD) buatan Indonesia memenuhi standar internasional yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO),mengutip artikel dari Kompas.com : " Alat Pelindung Diri Buatan Indonesia Penuhi Standar WHO "

APD produksi PT Sritex lolos uji laboratorium APD Coverall dan mendapatkan ISO 16604 Class 3 berdasarkan hasil pengujian dari Intertek HQ, Cortland, New York.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyambut baik hal tersebut. Pasalnya, ketersediaan APD yang aman dapat membantu keamanan petugas medis saat menangani pasien Covid-19 di Tanah Air.

"Saya ikut senang mendengar kabar dari Konsul Jenderal Republik Indonesia di New York Arifi Saiman, 27 Mei 2020 waktu New York, hasil uji lab APD Coverall (sampel fabric) PT Sritex untuk sertifikasi ISO 16604 Class 3 di Intertek HQ, Cortland, New York, dinyatakan lolos uji lab,” kata Doni sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diperoleh Kompas.com, Jumat (29/5/2020).

Halaman
12
Penulis: Farid Farid
Editor: Adrianus Adhi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved