Virus Corona

Pemkab Malang Tetap Berikan Bantuan Sosial Meski PSBB Telah Berakhir

Bantuan paket sembako juga disalurkan kepada 505 nelayan di Pantai Tamban. Selain, paket sembako 56 anak yatim piatu mendapat santunan uang tunai

SURYAMALANG.COM/Mohammad Erwin
Pemerintah Kabupaten Malang menyalurkan ratusan paket sembako bertajuk penanganan COVID-19 bagi warga Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Senin (1/6/2020). 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Pemerintah Kabupaten Malang menyalurkan ratusan paket sembako bertajuk penanganan COVID-19 bagi warga Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Senin (1/6/2020).

Paket sembako tersebut meliputi beras 15 kilogram, telur 1 kilogram, dan minyak goreng 2 liter.

Bantuan paket sembako juga disalurkan kepada 505 nelayan di Pantai Tamban.

Selain, paket sembako 56 anak yatim piatu mendapat santunan uang tunai dari Pemkab Malang.

Bupati Malang, Muhammad Sanusi memastikan penyaluran bantuan sosial tetap dilaksanakan meski Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah berakhir.

”Bantuan sosial tetap kami salurkan karena sudah masuk dalam anggaran saat PSBB," ujar Sanusi usai salurkan bantuan kepada masyarakat Pantai Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Senin (1/6/2020).

Ada skema pemanfaatan dana bantuan sosial saat masa transisi normal baru.

Apabila ada sisa dana dari realokasi PSBB, anggaran tersebut akan disetorkan ke dua kepentingan.

Yakni, guna keperluan penanganan COVID-19 saat transisi normal baru atau dikembalikan ke pemanfaatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

”Soal APBD, jika petunjuknya dari pusat sudah boleh digulirkan lagi, akan kami gunakan untuk pembangunan,” terang politisi PDI Perjuangan itu.

Pada saat transisi normal baru berlangsung, Sanusi belum menentukan sikap terkait bagaimana bentuk bantuan dan skema penyaluran bantuan sosial.

”Semua yang terdampak akan tetap dapat bantuan,” terang pengusaha tebu asal Gondanglegi itu.

Anggaran yang disiapkan untuk bantuan sosial juga berasal dari dari realokasi anggarannmasing-masing Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Malang.

”Kalau ada dana di PSBB yang tidak kepakai, akan dikembali lagi untuk digunakan sebagai pembangunan di Kabupaten Malang,” ucapnya. 

Penulis: Mohammad Erwin
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved