Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

DLH Kota Batu Optimistis Permasalah Bau TPA Tlekung Bisa Diatasi

Pemkot Batu menggencarkan program TPS3R untuk mengurangi dampak lingkungan terhadap tumpukan sampah

SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Ilustrasi - TPA Tlekung di Desa Tlekung Kota Batu, Selasa (25/2/2020). Aroma sampah dari TPA Tlekung banyak dikeluhkan warga sekitar sehingga ada yang ingin pindah rumah. 

SURYAMALANG.COM | BATU – Pemkot Batu menggencarkan program TPS3R untuk mengurangi dampak lingkungan terhadap tumpukan sampah, terutama di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung. Rencana yang sudah disusun oleh Pemkot Batu, semua desa dan kelurahan akan memiliki program TPS3R.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu, Arief As Shidiq menerangkan, program sempat terkendala karena pandemi, namun kini mulai digalakkan lagi. Ia optimis program bisa berjalan dengan baik dan pengelolaan sampah di Kota Batu berjalan baik.

Dikatakannya, jika program bisa maksimal dilaksanakan, maka produksi sampah yang masuk ke TPA Tlekung bisa berkurang dari yang sebelumnya 80 ton bisa berkurang drastis hingga 20 ton. Tak hanya itu saja, produksi gas methan hasil pengolahan sampah yang sebelumnya hanya untuk 300 KK bisa bertambah menjadi 800 KK.

“Jadi dengan adanya blower tambahan akan bisa memperbanyak produksi gas methan yang bisa digunakan untuk kebutuhan memasak bagi warga sekitar. Pendistribusian gas methan ini juga tidak dipungut biaya sepeserpun,” ujar Arief, Rabu (3/6/2020).

Pemkot Batu juga akan meringankan uang distribusi sampah dari masyarakat.

Di sisi lain, DLH akan menambahkan gelontoran dana untuk BBM operasional truck sampah.

Ketua Komisi C Khamim Tohari membeberkan bahwa pihaknya akan sangat mendukung program DLH yang dipaparkan saat mengunjungi TPA Tlekung.

“Dengan adanya TPS3R ini maka bisa sangat mengurangi bau bahkan sampai 95 persen,” tuturnya.

Ia juga menambahkan bahwa DPRD Batu akan menyetujui anggaran yang dibutuhkan oleh DLH untuk merealisasikan program tersebut.

Senada, Wakil Ketua Komisi C, Didik Machmud juga ikut mendukung program tersebut dan mengingatkan agar DLH bisa menjalin sinergitas dengan Dinkes Kota Batu mengingat permasalahan bau dari TPA Tlekung telah menjadi persoalan yang cukup berlarut.

“Kami harap ada sinergi antara dua dinas tersebut sehingga petugas kesehatan bisa mengecek kesehatan warga Desa Tlekung yang terdampak oleh bau menyengat TPA,” tandasnya.

Penulis: Benni Indo
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved