Virus Corona di Surabaya

Mulai Ada Donor Plasma, 2 Warga Surabaya yang Sembuh Covid-19 Donor Plasma di UDD PMI Surabaya

Layanan donor plasma konvalesen memang tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan donor darah biasa, meskipun perangkat atau alat yang dipakai tidak sama.

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Dua warga Surabaya secara sukarela melakukan donor plasma konvalesen di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Surabaya, Selasa (30/6/2020).

Layanan donor plasma konvalesen memang tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan donor darah biasa, meskipun perangkat atau alat yang dipakai tidak sama.

Pelaksanaannya memang tidak jauh berbeda. Meskipun yang diambil adalah plasma darah.

Alat yang dipakai memang berbeda, tapi prosedur yang dikerjakan tetap melalui prosedur ketat.

Mulai dari prosedur pemeriksaan kesehatan bagi pendonor juga wajib dilakukan kepada pendonor plasma konvalesen sebelum akhirnya diputuskan boleh mengikuti donor konvalesen tersebut.

UDD PMI Kota Surabaya, memang secara resmi telah membuka layanan donor plasma konvalesen, yang memang secara spesifik dan khusus dilakukan oleh mereka yang sudah dinyatakan sembuh dari status positif Covid-19.

Menurut Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, plasma konvalesen merupakan terapi yang diberikan kepada pasien Covid-19 kondisi berat.

Terapi ini membutuhkan plasma darah dari pasien Covid-19 yang sudah sembuh.

Syarat lainnya harus sudah negatif Covid-19, memiliki kadar antibodi yang cukup, dan memenuhi persyaratan untuk donor darah. Misalnya, darah tidak mengandung malaria, HIV, maupun hepatitis.

Penulis: Ahmad Zaimul Haq
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved