Virus Corona di Jatim

SEPIA, Sistem Pengendali Kondisi Udara untuk Cegah Penularan Covid-19 Karya Mahasiswa ITS

Tak hanya memberikan solusi dalam hal pencegahan penularan, mereka juga menyoroti permasalahan yang timbul dari membeludaknya pasien Covid-19

SURYAMALANG.COM/Zainal Arif
Saat Mahasiswa Teknik Instrumentasi ITS, Danu Wahyu Ramadhan menunjukan Desain Hasil Karya SEPIA : Sistem Pengendalian Infeksi Airborne Disease COVID-19 pada Healthcare Suite Berbasis Internet of Things bersama Tony Yurisetyo dan Dicka Desta Pratama Rabu (1/7/2020) 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Tiga mahasiswa Teknik Instrumentasi  Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggagas inovasi teknologi bernama SEPIA : Sistem Pengendalian Infeksi Airborne Disease Covid-19 pada Healthcare Suite Berbasis Internet of Things.

SEPIA merupakan sebuah rancangan inovasi teknologi yang dapat mengendalikan kondisi udara di dalam ruang perawatan pasien Covid-19.

Tiga mahasiswa yang menciptakan inovasi untuk melawan penularan Covid-19 itu adalah Danu Wahyu Ramadhan, Tony Yurisetyo dan Dicka Desta Pratama  ini

"Berdasarkan hasil penelitian virus corona berpotensi menular melalui partikel-partikel kecil yang berterbangan di udara karena virus ini berpotensi menular melalui udara, maka kondisi suatu ruang perawatan harus diatur sedemikian rupa agar tidak lembab dan memiliki sirkulasi udara yang baik," terang Danu, sebagai ketua tim.

Berbekal pengetahuan yang mereka dapatkan selama belajar di Teknik Instrumentasi ITS, ia bersama kedua rekannya, Tony dan Dicka, menggagas serangkaian alat yang mampu mengatur suhu, kelembapan, tekanan dan sirkulasi udara secara otomatis.

Selain dapat mengontrol kondisi udara secara otomatis, SEPIA digagas memiliki banyak keunggulan lain.

Pengendalian dan monitoring dapat dilakukan dalam jarak jauh yakni melalui perangkat komputer maupun aplikasi di telepon genggam.

SEPIA juga memanfaatkan HEPA Filter yang diletakkan pada saluran sirkulasi udara sebagai penyaring partikel-partikel kecil dalam udara.

Tak hanya memberikan solusi dalam hal pencegahan penularan, mereka juga menyoroti permasalahan yang timbul dari membeludaknya pasien terinfeksi Covid-19.

Keterbatasan kapasitas rumah sakit di beberapa daerah menyebabkan pemerintah terpaksa memanfaatkan berbagai gedung sebagai ruang perawatan dadakan bagi pasien Covid-19.

Halaman
12
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved