Virus Corona di Jatim

Jatim Terima Bantuan 100.000 Tablet Obat Avigan untuk Pasien Covid-19 dari IHC

Indonesia berhasil mendapat 500 ribu tablet dan 100 ribu di antaranya diberikan ke Provinsi Jatim sebagai provinsi yang jumlah penderita covid-19 nya

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Fatimatus Zahroh
Seremoni penyerahan bantuan Avigen pada Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Jumat (3/7/2020) 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendapatkan bantuan obat avigan dari Persatuan Rumah Sakit BUMN atau Pertamedika Indonesia Healthcare Corporation (IHC) untuk membantu penanganan covid-19 di Jawa Timur.

Penyerahan bantuan obat avigan tersebut diterima Gubernur Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak di Gedung Negara Grahadi, Jumat (3/7/2020).

Total ada sebanyak 100.000 tablet obat avigan yang diberikan untuk Pemprov Jawa Timur kali ini.

Dengan harapan obat ini bisa membantu menaikkan angka kesembuhan dan menurunkan angka kematian kasus covid-19 di Jawa Timur.

Gubernur Khofifah mengatakan bahwa bantuan ini adalah perhatian lintas elemen untuk penanganan covid-19 di Jatim.

Obat avigan ini akan didistribukan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim.

“Hari ini kagembiraan bagi kami bahwa dari IHC bisa memberikan bantuan obat ke kami. Ini menujukkan bahwa semua punya atensi yang sama bagaimana meningkatkan kesembuhan pasien covid-19 di Jatim dan menurunkan kasus kematian,” tegas Khofifah.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa dalam mengendalikan kasus covid-19 Jatim saat ini Pemprov Jatim bersama Pangkogabwilhan II tengah membangun sistem aplikasi rujukan satu pintu atau one gate system untuk penataan pasien covid-19 Jatim.

Di mana untuk rumah sakit rujukan tertentu hanya akan digunakan untuk merawat pasien dengan kondisi ringan hingga sedang, dan juga rumah sakit rujukan tertentu akan merawat kondisi pasien yang berat hingga berat sekali.

“Penataan itu akan disesuaikan dengan ketersediaan alat kesehatan dan juga tenaga kesehatan di rumah sakitnya,” tegas Khofifah.

Kini aplikasinya sedang dibangun dan sudah mendekati selesai.

Dengan sistem tersebut ditambah dengan bantuan obat pagi ini pihaknya optimistis bahwa pengendalian kasus covid-19 di Jatim akan segera terealisasi.

Pihaknya mengatakan perhatian lintas elemen ke Jatim sudah sangat besar. Pemerintah pusat memberikan bantuan tenaga kesehatan di RSUD dr Soetomo.

Kemudian juga sebanyak 200 bed untuk RS Lapangan Indrapura juga akan datang besok.

Sementara itu, Koordinator Penelitian di Rumah Sakit IHC, Dr Dante Saksono Harbuwono, SpPD-KEMD, PhD bahwa obat ini mempunyai efektifitas dan efisiensi yang sangat baik untuk pasien pasien Covid-19.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved