Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Pengamat Politik UB Sebut Gus Ipul Punya Peluang Besar di Pilkada Malang dan Pasuruan

Gus Ipul sapaan akrabnya, dinilai sebagai figur kuat yang bisa menjadi andalan PKB dalam menandingi beberapa petahana di sejumlah daerah.

SURYAMALANG.COM/Bobby Constantine Koloway
Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) berpeluang ikut masuk dalam bursa calon Bupati Malang, dan didorong untuk maju sebagai Calon Wali Kota Pasuruan. 

SURYAMALANG.COM - Manuver Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang ingin mengusung mantan Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf di Pilkada serentak 2020 dianggap sebagai strategi positif.

Gus Ipul sapaan akrabnya, dinilai sebagai figur kuat yang bisa menjadi andalan PKB dalam menandingi beberapa petahana di sejumlah daerah.

Pengamat Politik Universitas Brawijaya (UB) Malang, Wawan Sobari, menilai Gus Ipul memiliki modal latar belakang sebagai figur pemimpin.

"Soal figur, Gus Ipul cukup kuat," kata Wawan kepada SURYAMALANG.COM ketika dikonfirmasi di Surabaya, Sabtu (18/7/2020).

Di beberapa daerah, kriteria figur lebih diunggulkan dibanding dengan aliran politik Partai.

"Misalnya, di Malang," kata Wawan menjelaskan.

Dalam beberapa Pilkada terakhir, kepala daerah di Malang terpilih bukan berasal dari figur yang diusung partai pemenang Pemilu.

Di 2015 misalnya. Meskipun PDI Perjuangan menjadi partai pemenang di Kabupaten Malang, namun kepala daerah terpilih merupakan gabungan koalisi di luar PDI Perjuangan.

"Saat itu, Rendra Kresna yang berpasangan dengan Sanusi justru diusung koalisi partai yang dimotori Golkar," kata Wawan.

Biasanya, figur yang memiliki elektabilitas cukup besar di Pilkada berasal dari unsur petahana.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved