Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

DPRD Batu Selesaikan 8 Raperda di Masa Pandemi Covid-19, Masih Menyisakan 16 Raperda Lagi

Wakil Ketua I DPRD Kota Batu, Nurochman menjelaskan selama tujuh bulan berjalan atau di masa persidangan kedua, delapan Raperda itu dapat diselesaikan

SURYAMALANG.COM/Achmad Amru Muiz
Gedung DPRD Kota Batu 

SURYAMALANG.COM, BATU - DPRD Kota Batu telah menyelesaikan delapan peraturan daerah dari total 24 Raperda hingga masa persidangan kedua.

Pada 2020 ini, ada 24 Raperda yang dimasukkan dalam program pembentukan peraturan daerah (Propemperda) tahun 2020.

Wakil Ketua I DPRD Kota Batu, Nurochman menjelaskan, selama tujuh bulan berjalan atau di masa persidangan kedua, delapan Raperda itu dapat diselesaikan.

Ia pun optimistis, sisa Raperda yang belum selesai dapat diselesaikan segera.

"Artinya masih menyisakan 16 Raperda lagi. Insyaallah 80 persen dari Propemperda bisa kami selesaikan," ujar Nurochman.

Ia pun menargetkan jika perbulan bisa menyelesaikan tiga Raperda, maka sisa Raperda yang belum selesai bisa dikejar. Sehingga dengan sisa waktu lima bulan ke depan, legislatif bisa menyelesaikan 15 Raperda.

Diterangkan Nurochman, kendala yang dihadapi saat ini adalah kondisi pandemi Covid-19.

"Kami akui sedikit terkendala dengan kondisi pandemi di tiga atau empat bulanan terakhir. Tapi di sisa waktu yang ada setidaknya perbulan kami usahakan tiga raperda digarap," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Propemperda DPRD Kota Batu, Syaifudin menambahkan dari delapan Perda, ada tiga yang sudah diundangkan.

Ketiganya terdiri atas Perda Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU), Perubahan Perda Retribusi Pasar, dan Perubahan Perda Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah.

Sedangkan yang sudah dibahas dan belum ditetapkan meliputi Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR), Perda Penyelenggaraan Perpustakaan, dan Perda Perubahan Perda SOPD.

"Kemudian dua Perda wajib yang tengah dibahas saat ini dan akan ditetapkan adalah Perda Pertanggungjawaban APBD 2019. Serta Perda wajib berikutnya perubahan APBD," terang politisi PKS ini.

Pada Agustus mendatang. DPRD Batu bakal tancap gas dengan menggarap tiga Raperda lagi yakni Perda Fasilitasi Pesantren, Desa Wisata, dan CSR.

"Kami berharap masuk masa adaptasi kehidupan baru ini semua bisa kembali dikerjakan. Dengan normal. Mengikuti aturan atau protokol kesehatan," bebernya.

Penulis: Benni Indo
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved