Breaking News:

UTBK SBMPTN 2020

Persiapan UTBK-SBMPTN Tahap II di Kota Malang, Hanya di UB dan Tinggal 50 Peserta

Di Kota Malang, dari dua pusat UTBK yaitu Universitas Negeri Malang (UM) dan UB (Universitas Brawijaya), hanya pusat UTBK UB yang melaksanakan tahap I

SURYAMALANG.COM/Humas UB
ILUSTRASI - Pelaksanaan UTBK di kampus UB di tahap pertama 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Mulai hari ini, Senin (20/7/2020) sampai 29 Juli 2020 dilaksanakan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer)-SBMPTN tahap kedua.

Di Kota Malang, dari dua pusat UTBK yaitu Universitas Negeri Malang (UM) dan UB (Universitas Brawijaya), hanya pusat UTBK UB yang melaksanakan tahap II.

"Tapi tinggal sedikit saja pesertanya yang relokasi. Ada 50 an. Sedang pelaksanaanya dijadwalkan antara 28 Juli atau 29 Juli," jelas Kotok Gurito, Kasubag Humas dan Kearsipan UB pada suryamalang.com, Senin (20/7/2020).

Sedang di pusat UTBK UM ternyata sudah tuntas semua. "Di UM sudah dilaksanakan semua. Tahap I pada 5-7 Juli 2020 dan tahap II pada 8-11 Juli 2020," jelas Ifa Nursanti, Kasubag Humas UM.

Dijelaskan, UM sedang menunggu jadwal UTBK tahap akhir bagi peserta yang melakukan relokasi dan reschedule.

Tahap akhir ini akan dilaksanakan pada Agustus 2020.

Sementara Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) terpisah menyatakan jumlah peserta yang ikut di tahap II ada 153.251 orang.

"Untuk peserta yang ujian hari Senin ada 29.205," jelas Budi.

Sedang pusat UTBK yang menyelenggarakan UTBK tahap II sebanyak 32. Antara lain di Universitas Sumatera Utara (USU), UI, Untirta Serang, UNJ, ITB, UNPAD, IPB, Universitas Tidar, Undip, Unej, Unair, ITS, Universitas Trunojoyo Madura, UPI-CIBERU, UPI-SUMEDANG, ISI Denpasar dll.

Sedang untuk UTBK tahap akhir, tambah Budi, masih dalam pendataan.  Ini terutama bagi peserta yang terkait masalah Covid-19.

Jadwal panjang pelaksanaan UTBK-SBMPTN ditambahkan Prof Dr Zainuddin, Wakil Rektor I UIN Maulana Malik Ibrahim memang agak berpengaruh pada jadwal penerimaan Maba tahun ini.

"Memang terpengaruh dampak disrupsi Covid-19. Sekarang masih menunggu tuntas UTBK SBMPTN. Sehingga yang jadwal seleksi mandiri juga baru Agustus nanti," jelas Zain.

Porsi Maba dari SBMPTN cukup besar. UM pun sampai sekarang masih belum jelas kapan pelaksanaan seleksi mandirinya.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved