Breaking News:

Pilbup Sidoarjo

Dana Kampanye Paslon di Pilkada Sidoarjo Rp 31 M, KPU Akan Buat Ketetapan

Aturan dalam PKPU 12 tahun 2020, pasal 12 menjelaskan bahwa KPU wajib menetapkan besaran dana kampanye Paslon yang berkontestasi dalam Pilkada.

SURYAMALANG.COM/M Taufik
Komisioner KPU Sidoarjo Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Miftakul Rohmah. 

 Penulis : M Taufik , Editor : Dyan Rekohadi

SURYAMALANG.COM, SIDOARJO - Dana kampanye masing-masing pasangan calon (Paslon) yang berlaga dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo diperkirakan sekira Rp 31 miliar.

Itu termasuk dana untuk membayar konsultan, video tron, baliho, pengadaan alat peraga, kampanye tatap muka, dan berbagai anggaran lain selama masa kampanye.

Angka tersebut muncul dari perhitungan sementara, setelah KPU menggelar pertemuan dengan perwakilan masing-masing Paslon, Selasa (29/9/2020).

"Nanti akan kita bahas lagi dalam rapat pleno. Kemudian berapa besarannya akan kita SK-kan, kemudian harus dipatuhi oleh semua paslon," kata Komisioner KPU Sidoarjo Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Miftakul Rohmah.

Menurutnya, sebagaimana aturan dalam PKPU 12 tahun 2020, pasal 12 menjelaskan bahwa KPU wajib menetapkan besaran dana kampanye Paslon yang berkontestasi dalam Pilkada.

Untuk menentukan besaran dana kampanye, KPU kemudian menggelar pertemuan dengan partai pengusung atau perwakilan paslon.

Dari sana, berbagai masukan ditampung, dipakai acuan penetapan besaran dana kampanye.

"Dari pertemuan itu, sementara ditaksir maksimal dana kampanye sekira Rp 31 miliar. Tapi ini belum final. Masih perlu kami bahas dalam rapat pleno untuk menentukan besarannya," lanjut Miftah.

Setelah fix, nominal akan diumumkan. Selanjutnya, semua paslon tidak boleh anggarannya lebih dari yang telah ditentukan itu.

"Besaran dana kampanye harus dilaporkan ke KPU. Termasuk sumbangan dan sebagainya, harus jadi satu dalam dana kampanye tersebut," ujarnya

Penulis: M Taufik
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved