Breaking News:

Berita Pasuruan Hari Ini

Gus Ipul Terharu Disambut Aksi Teaterikal yang Berisi Pesan Moral

teaterikal saat menyambut kedatangan Calon Wali Kota (cawali) Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Sabtu (17/10/2020) malam.

SURYAMALANG.COM/Bobby Constantine Koloway
Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) berpeluang ikut masuk dalam bursa calon Bupati Malang, dan didorong untuk maju sebagai Calon Wali Kota Pasuruan. 

SURYAMALANG.COM, PASURUAN - Emak-emak di wilayah Darmoyudo Kota Pasuruan menyuguhkan teaterikal saat menyambut kedatangan Calon Wali Kota (cawali) Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Sabtu (17/10/2020) malam.

Mereka menampilkan aksi teaterikal yang mengandung banyak pesan. Salah satunya adalah pesan moral terkait permasalahan di Kota Pasuruan yang sudah langganan dan belum terselesaikan sampai sekarang.

Emak-emak memperlihatkan aksi teaterikal saat banjir datang. Bagaimana masyarakat sangat terganggu dengan persoalan banjir yang sudah menjadi langganan. Rumah mereka terendam, dan tidak bisa beraktivitas.

Kedua adalah teaterikal pelayanan kesehatan. Emak-emak memperlihatkan bagaiamana penanganan kesehatan yang belum maksimal, sehingga orang yang sakit saat dibawa rumah sakit tidak sembuh justru meninggal dunia.

Gus Ipul sangat mengapresiasi penampilan teaterikal ini. Ia menyebut, emak-emak ini kreatif karena menyampaikan permasalahan melalui kesenian. Bahkan, ia sampai terharu menyaksikannya.

Disampaikan Gus Ipul, penampilan ini memang sangat sederhana sekali. Tapi, dari kesederhanaan ini, pesan yang ingin disampaikan sudah sampai.

"Terlebih, ketika emak-emak ini menampilkannya dengan menerapkan protokol kesehatan karena situasi pandemi seperti ini. Tetap jaga jarak, pakai masker dan pesannya sampai," ujar Gus Ipul.

Di sisi lain, dikatakan dia, teaterikal atau drama yang ditampilkan ini menyimpan banyak pesan.

"Ini adalah wujud ekspresi masyarakat. Ini perlu diapresiasi, dan jujur ini pertama kali saya dapat sambutan dengan teaterikal seperti ini," kata Gus Ipul.

Gus Ipul menjelaskan, dua pesan yang disampaikan melalui teaterikal itu merupakan pekerjaan rumah pemerintah. Artinya, ia siap memberikan terobosan untuk menyesaikan persoalan banjir dan kesehatan.

"Mereka mengungkap fakta dan apa yang ada disampaikan ke saya. Ini menjadi pekerjaan rumah dan ini harus segera diatasi, ketika nanti saya dan mas adi dipercaya untuk memimpin Kota Pasuruan ini," papar dia.

Dia menyampaikan, masyarakat sudah tidak ingin masalah banjir diselesaikan dengan kunjungan kepala daerah dan diberi bantuan yang sifatnya sementara, seperti nasi bungkus.

"Tadi mereka menginginkan adanya perubahan. Jadi bukan bantuan sesaaat, tapi penyelesaian permasalahan banjir dan perbaikan pelayanan kesehatan ke depan. Jadi masyarakat bisa nyaman karena mendapatkan pelayanan optimal," papar dia.

Gus Ipul menyebut, ketika nanti terpilih dan diberi amanah memimpin Kota Pasuruan, pihaknya akan berusaha mencarikan solusi agar permasalahan yang terjadi ini tidak berkepanjangan.

"Sesuai dengan visi misi kami, Gus Ipul - Mas Adi siap membawa perubahan untuk Kota Pasuruan menuju Kota Madinah, Maju ekonominya, indah kotanya dan harmoni warganya," tutup Gus Ipul.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved