Breaking News:

Daftar Daerah di Jatim yang Berpotensi Terdampak La Nina, Termasuk Malang Raya dan Perairan Surabaya

22 daerah di Jatim berpotensi terdampak La Nina termasuk Malang Raya dan Perairan Surabaya.

hayu yudha prabowo
Ilustrasi. 

SURYAMALANG.COM, SIDOARJO - 22 daerah di Jatim berpotensi terdampak La Nina.

Anomali iklim La Nina ini membuat sejumlah perubahan di Jawa Timur, seperti penurunan suhu, datangnya musim hujan lebih awal dengan peningkatan intensitas, dan juga menyebabkan sejumlah potensi bencana, misalnya banjir, longsor hingga puting beliung.

"Bedasarkan data dari BMKG, La Nina dapat menyebabkan akumulasi curah hujan naik 25 persen," kata Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur kepada SURYAMALANG.COM, Rabu (21/10/2020).

Khofifah minta semua pihak segera memitigasi setiap potensi kebencanaan dari hulu hingga hilir.

Sebanyak 22 kabupaten/kota di Jawa Timur berpotensi terdampak anomali La Nina ini, khusunya di kawasan pesisir utama dan juga selatan.

Misalnya yang perlu diwaspadai curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang yang dapat berpotensi terjadi di beberapa wilayah Jawa Timur seperti di Kabupaten Malang, Kota Malang, Probolinggo, Lumajang, Banyuwangi, Trenggalek, dan Kota Batu.

Selain itu juga berpotensi terjadi di Kabupaten Jember, Jombang, Nganjuk, Kabupaten dan Kota Madiun, Magetan, Kabupaten dan Kota Blitar, Pasuruan, Bondowoso, Situbondo, Kabupaten dan Kota Mojokerto, Pacitan, Ngawi.

Kondisi tersebut diprakirakan akan terjadi hingga 3 hari ke depan.

Selain itu perlu diwaspadai potensi gelombang tinggi untuk beberapa hari kedepan yaitu di Perairan selatan Jawa Timur dan Samudera Hindia Selatan Jawa Timur yang diprakirakan ketinggian gelombang dapat mencapai ketinggian 3,5 meter.

Serta juga ada potensi kondisi cuaca buruk di wilayah Laut Jawa bagian utara Bawean, Laut Jawa bagian selatan Bawean Perairan Tuban-Lamongan, Perairan Gresik-Surabaya, Perairan Kepulauan Sapudi dan Perairan Kepulauan Kangean.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved