Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

Sampah Medis Menumpuk di TPA Tlekung Kota Batu, Capai 100 Kg Per Harinya

"Secara rinci tiap hari ada 100 kilogram sampah medis per harinya. Nah tiga hari sekali sampah itu dikirim ke Mojokerto untuk dimusnahkan,"

SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Lokasi TPA Tlekung yang terletak di Kota Batu. 

Penulis : Benni Indo , Editor : Dyan Rekohadi

SURYAMALANG.COM, BATU – Sampah penutup wajah dan masker banyak menumpuk di tempat pembuangan akhir (TPA) Tlekung, Kota Batu.

Kasi Pengolahan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu, Bambang Harnowo menjelaskan dalam penanganannya ada 12 armada yang khusus membawa sampah medis dari rumah sakit (RS) maupun desa/kelurahan setempat.

"Secara rinci tiap hari ada 100 kilogram per harinya. Nah tiga hari sekali sampah itu dikirim ke Mojokerto untuk dimusnahkan," jelasnya, Senin (23/11/2020).

Jumlah sampah itu pun berton-ton banyaknya.

Menanggapi itu, Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu, Yuni Astuti menerangkan bila sampah medis di Kota Batu meningkat karena adanya pandemi Covid-19.

Sampah medis yang dibuang terdiri atas beberapa golongan. Sampah medis tajam contohnya bekas jarum suntik, infus, dan sebagainya dibuang terpisah.

Lalu ada sampah kuning yang berisi tabung bekas infus, sarung tangan serta masker.

"Kemudian yang hitam untuk sampah biasa seperti bungkus makanan, plastik, dan sampah yang tidak berkaitan dengan cairan tubuh pasien serta lingkungannya," jelas Yuni.

Terpisah, salah satu petugas sampah medis, Hermanto membenarkan banyaknya temuan sampah medis dalam kurun waktu delapan bulan terakhir.

Ia menemukan sampah-sampah itu di desa atau kelurahan.

"Selain sampah rumah tangga, sampah medis juga banyak sekali. Tiap ambil sampah selalu membawa penuh di setiap kotak. Baru saya pilah dengan bungkus kantong tersendiri dan dikirim ke TPA. Petugas juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar merusak sampah medis terlebih dahulu baru dibuang, tujuannya agar tidak dipakai kembali," tutupnya. 

Catatan Redaksi: Bersama-kita lawan virus corona. SURYAMALANG.COM mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Penulis: Benni Indo
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved