Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Jembatan Penghubung Kelurahan Bandulan dan Mulyorejo Malang Ambrol, Kendaraan Tak Bisa Lewat

Jembatan di Jalan Bandulan Baru, Kelurahan Bandulan, Sukun, Kota Malang, ambrol akibat hujan deras.

Kukuh Kurniawan/TribunJatim.com
Jembatan ambrol yang berada di Jalan Bandulan Baru, Kelurahan Bandulan, Kecamatan Sukun, Kota Malang. 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Jembatan di Jalan Bandulan Baru, Kelurahan Bandulan, Sukun, Kota Malang, ambrol.

Jembatan tersebut ambrol diduga akibat hujan deras yang terjadi pada Selasa (12/1/2021).

Dari pantauan TribunJatim.com (grup SURYAMALANG.com), sebagian pondasi jembatan yang menghubungkan antara Kelurahan Bandulan dan Kelurahan Mulyorejo, ambrol terbawa arus sungai kecil yang ada di bawah jembatan.

Akibatnya jembatan tersebut tak dapat dilewati oleh kendaraan bermotor dan warga sekitar sudah menutup jalan yang mengarah ke jembatan dengan palang bambu, sebagai peringatan bahwa jembatan itu mengalami ambrol.

Kepala LPMK Kelurahan Bandulan, Suko Wahyu Hidayat, mengatakan kejadian ambrolnya jembatan tersebut terjadi pada Selasa (12/1/2021) sekitar pukul 16.00 WIB.

"Saat itu kondisinya sedang hujan deras, membuat debit air sungai kecil di bawah jembatan meningkat dan alirannya deras. Karena tak kuat menahan beban aliran air itu, akhirnya jembatan tersebut ambrol," ujarnya kepada TribunJatim.com, Rabu (13/1/2021).

Ia menjelaskan sebelum kejadian itu terjadi, selokan yang berada di pinggir jembatan terlebih dulu tergerus dan ambrol.

"Kalau tidak salah pada Minggu (27/12/2020), selokan yang berada di pinggir jembatan terlebih dulu tergerus dan ambrol. Lalu kemarin, jembatannya yang mengalami ambrol," tambahnya.

Ia mengungkapkan bagian jembatan yang ambrol, adalah pada bagian jembatan yang dilebarkan oleh Pemkot Malang.

"Jadi sebenarnya jembatan ini tidak terlalu lebar, hanya selebar 3 meter. Karena sering dilewati oleh kendaraan dan menjadi jalur alternatif masyarakat, maka jembatan tersebut dilebarkan. Pada tahun 2017, Pemkot Malang melebarkan jembatan itu sekitar 1,2 meter," jelasnya.

Sementara itu Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Malang, Alie Mulyanto, mengungkapkan pihaknya sudah mendatangi lokasi jembatan ambrol tersebut.

"Kami mendatangi lokasi ambrolnya jembatan pada pukul 18.00 WIB. Kami bersama warga sudah memberikan palang bambu di sekitar lokasi ambrolnya jembatan, agar tidak membahayakan warga sekitar," tandas Alie.

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved