Breaking News:

Penanganan Covid

106 Warga Kabupaten Malang Meninggal Akibat Covid-19 Jadi Sorotan, Pemkab Akan Mulai Tegas di PPKM

"PPKM belum ada korelasi langsung dengan penurunan Covid-19. Karena kenaikan (penularan Covid-19 mungkin adalah​ dampak sebelum PPKM," ucap Wahyu.

SURYAMALANG.COM/Erwin Wicaksono
Sekretaris Daerah Kabupaten, Wahyu Hidayat 

Penulis : M Erwin Wicaksono , Editor : Dyan Rekohadi

SURYAMALANG.COM, MALANG - Sebanyak 106 warga Kabupaten Malang meninggal akibat Covid-19.

Upaya-upaya pencegahan penularan Covid-19 seperti Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejatinya telah dilakukan.

Menilik pada data Satgas Covid-19 Kabupaten Malang, pada tanggal 11 Januari 2021 yang merupakan awal penerapan PPKM, angka positif corona mencapai 1656 kasus.

Tapi 14 hari setelahnya yakni pada 25 Januari 2021, angka positif corona melonjak menjadi 1903 kasus.

Pada Rabu (20/1/2020), Sekretaris Daerah Kabupaten, Wahyu Hidayat sempat menyebut PPKM belum menimbulkan korelasi terhadap penurunan angka penularan Covid-19.

"PPKM belum ada korelasi langsung dengan penurunan Covid-19. Karena kenaikan (penularan Covid-19 mungkin adalah​ dampak sebelum PPKM," ucap Wahyu.

Kini, Wahyu tak memungkiri angka kematian dari virus corona di Kabupaten Malang menurutnya tergolong tinggi.

"Tadi sempat disoroti tingkat kematian tinggi," beber Wahyu ketika dikonfirmasi usai mengikuti kegiatan video conference evaluasi PPKM di Pendopo Peringgitan Agung Pemkab Malang pada Selasa (26/1/2021).

Wahyu menganalisa, penuhnya ruang perawatan di rumah sakit turut mempengaruhi pelayanan kepada pasien. Tak terkecuali pasien Covid-19.

"Penyebabnya ada yang sudah menderita (Covid-19) namun ketersediaan rumah sakit untuk menerima itu tidak ada, nah itu yang menyebabkan kematian," jelas Wahyu.

Sebagai solusi menekan angka penularan Covid-19, Wahyu berkomitmen akan memperketat pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Tingkatkan operasi yustisi dan diperketat (penerapan protokol kesehatan)," tutupnya. 

Catatan Redaksi: Bersama-kita lawan virus corona. SURYAMALANG.COM mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Penulis: Mohammad Erwin
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved