Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Daftar Persimpangan yang Bakal Pakai ATCS pada Tahun 2021

Dishub Kota Malang akan menerapkan Area Traffic Control System (ATCS) di empat persimpangan

Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah | Editor: Zainuddin
SURYAMALANG.COM/M Rifky Edgar
Area Traffic Control System (ATCS) di persimpangan Sawojajar dan Ranugrati, Kota Malang 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang akan menerapkan Area Traffic Control System (ATCS) di empat persimpangan, yaitu persimpangan Jalan Panji Suroso-Sulfat, persimpangan Ciliwung, persimpangan LA Sucipto, dan persimpangan Plaosan.

Kepala Dishub Kota Malang, Handi Priyanto mengatakan pihaknya sudah mengusulkan penerapan ATCS itu ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Sekarang Badan Pengelola Transportasi Darat BPDT sedang persiapan lelang. Anggarannya sekitar Rp 5,5 miliar," ucap Handi kepada SURYAMALANG.COM, Sabtu (30/1/2021).

Handi mengatakan Kemenhub setuju usulan tersebut setelah Kepala BPDT Kemenhub Wilayah XI Jawa Timur, Tonny Agus Setiono berkunjung pada 23 Januari 2021.

Saat itu Tony berkunjung ke kantor Dishub Kota Malang untuk melihat pengoperasian lima ATCS yang telah diterapkan di jalan nasional di Kota Malang sebelumnya, yaitu di persimpangan Gadang, di bawah fly over Kotalama, di persimpangan Lonceng, di persimpangan Klenteng, dan persimpangan Rampal.

"Jadi kemarin itu hanya melihat pengoperasian dan evaluasi Karena kami mendapat bantuan lima ATCS senilai Rp 6,7 miliar dari pusat pada tahun lalu," ucapnya.

Handi mengatakan BPTD Jatim mengapresiasi penerapan ATCS di Kota Malang.

Pihaknya juga akan mendapat bantuan televisi untuk memantau arus lalu lintas di Kota Malang melalui ATCS.

"Yang dikomentari kemarin ini layar pemantauan ATCS kami masih memakai TV biasa. Bukan wall display. Nantinya Pak Tonny akan membantu usul pengadaan wall display dari anggaran Kemenhub," ucapnya.

Dishub Kota Malang juga akan mengusulkan bantuan ATCS kepada Kemenhub di empat persimpangan pada tahun 2022, yaitu persimpangan Araya, pesimpangan Jalan Raden Panji Suroso, di bawah fly over Blimbing, dan di persimpangan Kacuk.

"Lami berharap nanti seluruh persimpangan bisa menggunakan ATCS agar arus lalu lintas terpantau. Kami sedang melakukannya secara bertahap," tandasnya.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved