Breaking News:

Harga Rokok Kembali Naik Per Februari 2021 Ini, Berikut Rinciannya

Rata-rata kenaikan cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok ini sekira 12,5% yang dapat mempengaruhi kenaikan harga rokok.

Editor: Bebet Hidayat
Tribunnews.com
Ilustrasi - Harga Rokok Kembali Naik Per Februari 2021 Ini, Berikut Rinciannya 

SURYAMALANG.COM - Pemerintah menaikkan cukai rokok di tahun 2021 ini. Kenaikan ini berlaku mulai 1 Februari 2021 ini.

Rata-rata kenaikan cukai hasil tembakau ( CHT) atau cukai rokok ini sekira 12,5% yang dapat mempengaruhi kenaikan harga rokok.

Srigaret Keretek Mesin (SKM) 2B dan Sigaret Putih Mesin (SPM) 2B kenaikan tarifnya lebih tinggi daripada SKM 2 A dan SPM 2A.

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Agus Suprapto mengatakan, pemerintah berencana menaikkan harga rokok di pasaran.

Bongkar Aib Raffi Ahmad, Suami Nagita Slavina Murka, Pecat Dua Asistennya: Merry dan Sensen

Sebab, rendahnya harga rokok saat ini menjadi penghambat upaya mengurangi konsumsi rokok pada remaja.

Terlebih, salah satu indikator keberhasilan pembangunan sumber daya manusia (SDM) dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 adalah penurunan persentase merokok usia 0-18 tahun dari 9,1 menjadi 8,7 pada 2024.

"Ke depan diharapkan pemerintah dapat menaikkan harga rokok di pasaran," ujar Agus dikutip dari situs Kemenko PMK, Kamis (28/1/2021).

Pemerintah sebelumnya juga telah menyusun beberapa strategi kebijakan pengendalian tembakau, yaitu kebijakan fiskal dan nonfiskal.

Secara formal, kata dia, Kemenko PMK sudah melakukan diskusi dengan kementerian/lembaga terkait untuk membahas kebijakan tembakau dan rokok termasuk soal cukai.

"Alih-alih kenaikan cukai menambah pemasukan negara, justru pengeluaran negara juga banyak digunakan untuk biaya kesehatan perokok," kata Agus.

Halaman
1234
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved