Breaking News:

Berita Trenggalek Hari Ini

Warga Kepanjen Malang Tipu Warga Trenggalek, Modus Penggandaan Uang, Ritual di Petilasan Makam

Warga Kepanjen Malang Tipu Warga Trenggalek, Modus Penggandaan Uang, Ritual di Petilasan Makam

SURYAMALANG.COM/Aflahul Abidin
Rilis kasus penipuan dengan modus penggandaan uang memakai gentong dan ritual khusus di Mapolres Trenggalek, Sabtu (13/2/2021). 

SURYAMALANG.COM, TRENGGALEK – WA (36), warga Desa Tanggaran, Kecamatan Pule, Trenggalek menjadi korban penipuan dengan modus penggandaan uang.

Ia berhasil diperdaya oleh HR (38), warga Desa Ngadilangkung, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring menjelaskan, korban WA mengenal terduga pelaku HR dari seorang rekannya berinisial JAN pada pertengahan Desember 2020.

Saat itu, kata Doni, JAN mengajak korban untuk ikut dalam ritual penggandaan uang dengan bermodal beberapa jenis barang.

Merasa tergiur, korban pun tergoda untuk mengikuti ritual yang dimaksud. Mereka berdua akhirnya berangkat ke salah satu petilasan makam di Kabupaten Malang untuk bertemu dengan HR.

Menurut Doni, pada pertemuan yang digelar 21 Desember 2020 itu, HR meminta tumbal satu ekor sapi untuk memulai ritual penggandaan kepada korban.

HR yang kini menjadi tersangka menghendaki dirinya yang mencari sapi tumbal. Korban hanya perlu menyetor uang seharga sapi Rp 17 juta.

“Karena belum punya uang, korban membayar Rp 2 juta. Kemudian, 27 Desember kembali mentransfer lagi Rp 3 juta. Pada 28 Desember kembali mentransfer Rp 5 juta. Dan 29 Desember mentransfer Rp 5 juta ke rekening HR,” tutur Doni, saat rilis tangkapan, Sabtu (13/2/2021).

Sehingga, total uang yang telah disetor korban kepada HR untuk mahar sapi tumbal senilai Rp 15 juta. Masih kurang Rp 2 juta dari harga sapi yang dipatok sebelumnya.

Karenanya, HR kemudian bertandang ke rumah korban di Trenggalek untuk meminta tambahan uang Rp 2 juta itu.

Halaman
12
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved