Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

PJT 1 Uji Lab Sungai Tercemar di Desa Junrejo, Kota Batu

Sungai Sebrangan yang terletak di Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu diduga kuat tercemar oleh limbah cairan sampah dari TPA Tlekung.

benni indo
Dirut Perum Jasa Tirta I, Raymond Valiant Ruritan. 

SURYAMALANG.COM, BATU - Sungai Sebrangan yang terletak di Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu diduga kuat tercemar oleh limbah cairan sampah dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung.

Bau tidak sedap dan kondisi air yang berubah warna terlihat jelas akibat pencemaran tersebut.

Pengawas Hippam Sumber Kembang, Dusun Junwatu, Desa Junrejo, Bayu Sakti menerangkan, awalnya ia memperkirakan pencemaran terjadi karena longsor.

Material tanah yang longsor dikira terbawa air sehingga mengubah warna air.

Namun belakangan Bayu meragukan perkiraannya itu. Pasalnya, air tetap keruh dan mengeluarkan bau tidak sedap.

Sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya. Berdasarkan informasi di lapangan, pencemaran itu juga berdampak pada sumber mata air yang dimanfaatkan warga untuk kehidupan dan bercocok tanam.

Warga mengetahui adanya indikasi pencemaran tersebut sejak Desember 2020.

Warga menaruh curiga ketika melihat warna air sungai yang berubah menjadi coklat. Masyarakat lalu menyusuri hingga ke TPA Tlekung di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo.

"Dari penyusuran itu, kami baru bisa memastikan asal pencemaran sungai ternyata dari rembesan air atau limbah cair TPA Tlekung. Rembesan itu mengalir ke sungai karena pengelolaan TPA yang buruk," jelas Bayu.

Karena khawatir, mereka pun mengambil sampel air dan dikirim ke Laboratorium Perum Jasa Tirta (PJT) I untuk diuji pada 1 Februari 2021.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved