Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Ini Efek Samping Vaksin Covid-19 yang Dialami Sejumlah Tenaga Kesehatan di Kota Malang

Sejak proses penyuntikan vaksin covid-19 tersebut dilakukan, ternyata ada beberapa tenaga kesehatan Kota Malang mengalami gejala efek samping.

SURYAMALANG.COM/M Rifky Edgar
Plt Kepala Dinkes Kota Malang, Sri Winarni 

SURYAMALANG.COM | MALANG - Penyuntikan vaksinisasi Covid-19 tahap pertama di Kota Malang telah berjalan sekitar tiga minggu sejak pelaksanaan simbolis digelar pada 28 Januari 2021 lalu.

Sejak proses penyuntikan vaksin tersebut dilakukan, ternyata ada beberapa tenaga kesehatan mengalami gejala efek samping vaksin Covid-19.

Gejalanya pun beragam, salah satunya ialah gejala demam ataupun alergi yang dirasakan oleh nakes, selaku prioritas awal penerima vaksin Covid-19 tahan pertama.

"Efek sampingnya ada. Cuma gejala ringan saja dan kemudian hilang. Dan itu disebut Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI)," ucap plt Dinas Kesehatan Kota Malang, Sri Winarni Senin (15/2/2021).

Meski demikian, gejala tersebut kata perempuan yang akrab disapa Bu Win itu tidak berlangsung lama.

Gejala tersebut bisa hilang. Dan biasanya terjadi ketika sudah menjalani vaksinasi Covid-19.

"Kategorinya ringan. Sekarang sudah pada sembuh semua. Ya ini seperti anak-anak kalau demam ya dikasih obat penurun demam. Cuma seperti itu aja," ucapnya.

Sementara itu, saat disinggung terkait dengan penolakan vaksin, sampai sejauh ini kata Bu Win belum ada kejadian di Kota Malang terkait dengan penolakan vaksin Covid-19.

Proses vaksinasi sampai sejauh ini berjalan lancar dan ditargetkan akan selesai pada akhir Februari 2021.

"Sampai sejauh ini kami belum mendapatkan laporan terkait penolakan vaksin Covid-19. Sejauh ini lancar dengan 13.540 sasaran nakes," tandasnya.

Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved