Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

10 Lutung di JLC Jalani Swab Covid-19

Java Langur Center (JLC) memeriksa kesehatan 10 Lutung Jawa di Coban Talun, Kota Batu, Selasa (23/2/2021).

SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Seekor Lutung Jawa menjalani proses cek kesehatan di Java Langur Center (JLC), Coban Talun, Kota Batu, Selasa (23/2/2021) 

SURYAMALANG.COM, BATU - Java Langur Center (JLC) memeriksa kesehatan 10 Lutung Jawa di Coban Talun, Kota Batu, Selasa (23/2/2021).

10 Lutung itu memiliki nama Minah, Mini, Rifka, Nurul, Nisa, Gunawan, Parti, Parmi, Bona, dan Joni. 

Mereka menjalani pengecekan kesehatan dikarenakan baru datang.

Manager JLC, Iwan Kurniawan mengemukakan, sepuluh Lutung tersebut, baru datang dari penyerahan masyarakat dan dari pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) sendiri

"Diantaranya dari BKSDA Jogja ada 5 ekor, BKSDA Surabaya, penyerahan masyarakat dari Pasuruan Probolinggo. Jadi totalnya ada 10 ekor," ujarnya.

Res kesehatan dilakukan agar para lutung tersebut tidak memiliki penyakit menular alias sehat. Bahkan lutung juga menjalani tes swab Covid-19.

"Kemudian ada proses screening tes Swab Covid-19 untuk primata," ujarnya.

Cek kesehatan akan memakan waktu tiga tahap. 3 bulan ke depan dilakukan  cek kesehatan tahap kedua sampai cek kesehatan lagi pasca karantina.

Setelah melalui tahap kesehatan, kemudian dilakukan rehabilitasi dengan cara pengelompokan dan juga dikenalkan makanan alaminya. 

"Nanti akan dilatih memanjat. Setelah mereka sudah solid menjadi kelompok, maka kita ajukan untuk dilepas liarkan. Sebelum dilepas liarkan akan dicek kesehatan lagi.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved