Breaking News:

Gempa di Malang

BMKG Karangkates Pastikan Gempa di Malang Tak Berpotensi Tsunami

Gempa berkekuatan 6,7 SK yang terjadi di selatan pulau Jawa dekat dengan Kabupaten Malang dipastikan tidak berpotensi tsunami.

Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah | Editor: Zainuddin
SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Suasana saat gempa di Kota Malang, Sabtu (10/4/2021). 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Gempa berkekuatan 6,7 SK yang terjadi di selatan pulau Jawa dekat dengan Kabupaten Malang dipastikan tidak berpotensi tsunami.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BMKG Karangkates, Mamuri saat dikonfirmasi oleh SURYAMALANG.COM, Sabtu (10/4/2021).

"Kekuatan gempa 6,7 SR. Getaran terasa sampai Surabaya, Bali dan daerah lainnya dan gempa ini tidak berpotensi Tsunami," ucapnya.

Mamuri menjelaskan, bahwa gempa ini disebabkan oleh aktivitas zona subduksi. Yakni lempeng indo Australia menyusut ke lempeng Eurasia.

Gempa Bumi terletak pada koordinat 8,83 LS dan 112,5 BT, atau tepatnya berlokasi di laut selatan Pulau Jawa pada jarak 96 km arah selatan Kabupaten Malang pada kedalaman 80 km. 

"Saat ini kami sedang memantau potensi gempa susulan. Dan sejauh ini belum ada, tetapi kami akan terus memantau," ucapnya.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

"Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah," tandasnya. 

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved