Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

PPDB SMP di Kota Batu telah Dibuka, Begini Kuota dan Mekanismenya

SURYAMALANG.COM, BATU – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Batu sudah dimulai.

SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso. 

SURYAMALANG.COM, BATUPenerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Batu sudah dimulai.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso menjelaskan, PPDB di Kota Batu melalui empat yakni zonasi, afirmasi, perpindahan orangtua, dan prestasi. Prestasi ini terdiri atas prestasi akademik dan nonakademik.

“Kuota zonasi ada 55 persen yang dilaksanakan secara online. Sistemnya difasilitasi oleh Dinas Pendidikan kota Batu yang bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia wilayah Kota Batu,” kata Punjul, Selasa (27/4/2021).

Sementara jalur afirmasi kuotanya 20 persen. Jalur perpindahan orangtua atau wali ada 5 persen dan jalur prestasi 20 persen. Masing-masing 10 persen untuk prestasi akademik dan non akademik.

“Yang di luar zonasi, dilaksanakan secara online internal sekolah melalui jaringan terintegrasi antar-SMP negeri seluruh Kota Batu,” imbuh Punjul.

Jumlah kuota jalur zonasi SMP negeri di Kota Batu sebagai berikut: SMP Negeri 01, 02 dan 03 sebanyak 176 peserta didik. Sedangkan pagunya 320 dari 10 rombongan belajar.

Lalu SMP Negeri 04 sebanyak 124 peserta didik dengan pagu 224 dari tujuh rombongan belajar. SMP Negeri 05 sebanyak 52 peserta didik, pagunya 96 dari 3 rombongan belajar.

Lalu SMP Negeri 06 sebanyak 106 peserta didik dari pagu 192 dengan 6 rombongan belajar. Sedangkan SMP Satu Atap Gunungsari dan Pesanggrahan masing-masing 18 peserta didik, pagu 32 dari 1 rombongan belajar.

Pendaftaran jalur afirmasi, perpindahan tugas orangtua atau wali dan jalur prestasi dilaksanakan mulai 26 hingga 28 April 2021. Sementara jalur zonasi dengan sistem daring dilaksanakan pada 21 hingga 23 Juni 2021.

“Calon peserta yang diterima di jalur afirmasi, perpindahan orangtua atau wali dan prestasi tidak diperbolehkan mendaftarkan diri melalui jalur zonasi,” tegas punjul.

Calon peserta didik berdomisili di Kota Batu yang tidak diterima di jalur afirmasi dan prestasi dapat mendaftarkan diri melalui jalur zonasi sesuai ketentuan. Punjul juga menegaskan bahwa selama proses pendaftaran, tidak dipungut biaya sepeser pun.

Untuk PPDB secara daring, jalur non zonasi bisa mengakses di bit.ly/ppdbbat-nonzonasi sementara jalur zonasi di www.batu.siap-ppdb.com. Langkah berikutnya, calon peserta didik memilih sekolah, lalu mengisi data dan dokumen.

Calon peserta didik bisa melihat bukti pendaftaran di link yang sama. Setelah itu menunggu pengumuman. Jalur non zonasi pengumuman akan muncul pada 30 April 2021. Sedangkan jalur zonasi pengumumannya muncul pada 25 Juni 2021.

Setelah adanya pengumuman, maka akan dilakukan verifikasi data secara offline. Peserta yang lolos secara administrasi diwajibkan melakukan verifikasi kevalidan dokumen pendaftaran secara langsung (offline) di sekolah yang dituju. Bagi yang tidak lolos, bisa mencabut berkas.

Pemkot Batu melalui Dinas Pendidikan Kota Batu juga membuka layanan konsultasi di nomor WhatsApp 081335257556 atau mengirim ke email mochamadirfan855@gmail.com. 

Penulis: Benni Indo
Editor: Eko Darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved