Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

16 Pengunjung Mal di Kota Malang Jalani Swab Test Seusai Forkopimda Lakukan Sidak Protokol Kesehatan

Sidak protokol kesehatan yang dilakukan oleh Forkopimda Kota Malang ke sejumlah Mal di Kota Malang dilakukan pada Selasa siang ini (11/5/2021).

Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah
Editor: isy
rifky edgar/suryamalang.com
Wali Kota Malang, Sutiaji, bersama Forkopimda saat melihat para pengunjung di Mal Alun-Alun menjalani swab test antigen, Selasa (11/5). 

Berita Malang Hari Ini
Reporter: Rifky Edgar
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | MALANG - Sidak protokol kesehatan yang dilakukan oleh Forkopimda Kota Malang ke sejumlah Mal di Kota Malang dilakukan pada Selasa siang ini (11/5/2021).

Kegiatan yang diikuti oleh Wali Kota Malang, Sutiaji bersama Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata dan Dandim 0833/Kota Malang, Letkol Arm Ferdian Primadona menyasar ke tiga tempat perbelanjaan, di antaranya ialah Mal Alun-Alun, Mal Matahari Mitra dan Trend.

Selain memantau kerumunan masyarakat yang sedang berbelanja kebutuhan lebaran, sejumlah pengunjung mal di dua tempat yakni Trend dan Mal Matahari Mitra diharuskan untuk menjalani swab tes antigen.

Swab tes antigen tersebut dilakukan kepada 16 pengunjung mal dan 4 karyawan yang diambil secara random.

Dari 20 orang yang telah di swab tes tersebut, hasilnya adalah negatif Covid-19.

"Melalui swab tes ini, artinya kita menguatkan pemantauan protokol kesehatan. Jadi tadi kita ambil sampling secara random, masing-masing 10 orang dari dua mal tersebut dan hasilnya negatif Covid-19," ucap Wali Kota Malang, Sutiaji.

Dalam sidak tersebut, sesekali Sutiaji bersama Forkopimda Kota Malang bercengkrama dengan masyarakat.

Meski beberapa kali melihat masih adanya kerumunan, namun menurut Sutiaji, rata-rata 99 persen pengunjung yang berbelanja kebutuhan lebaran di mal telah memakai masker.

Hal ini juga ditunjang, dengan penerapan protokol kesehatan yang telah dilakukan oleh seluruh tempat perbelanjaan yang didatangi waktu sidak tersebut.

"Masyarakat saat ini sudah bisa dengan prokes ya. Ini yang harus kami apresiasi, sehingga ketika berkunjung tidak menularkan virus ke yang lain," ucapnya.

Selain melakukan sidak di sejumlah Mal, Forkopimda Kota Malang juga berkeliling ke jalan-jalan dan kepada para penjual dipinggir jalan untuk memantau prokes. 

Beberapa orang di jalan yang tidak memakai masker, mulai penjual hingga tukang becak, sempat diimbau oleh petugas agar menaati prokes dengan memberikan masker kepada masyarakat yang tak memakai masker.

Sutiaji juga mengapresiasi tempat perbelanjaan, karena telah mematuhi prokes dan memiliki petugas khusus untuk mengingatkan para pengunjung sembari membawa papan bertuliskan aturan prokes.

"Meski tadi hasilnya negatif, kita harus tetap meningkatkan kewaspadaan. Karena ada varian baru Covid-19 baru dari India dan Inggris yang ditengarai sudah masuk ke Indonesia. Jadi prokes harus utama. Dengan 5M-nya," tandasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved