Breaking News:

Rukyatul Hilal Tentukan 1 Syawal 1442 H Digelar Lembaga Falakiyah PWNU Jatim Di 27 Titik Hari Ini

"Rukyatul hilal dilaksanakan besok tanggal 29 Ramadan Karena memang rukyat itu tanggal 29. Dilaksanakan di 27 titik di Jawa Timur," kata Gus Shofi

Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Bobby Constantine Koloway
ILUSTRASI - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat memantau hilal di Surabaya, Senin (12/4/2021). 

Penulis : Syamsul Arifin , Editor : Dyan Rekohadi

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Lembaga Falakiyah PWNU Jatim berencana akan melaksanakan rukyatul hilal dalam menentukan 1 Syawal 1442 H pada Selasa, (11/5/2021) sore hari ini.

"Rukyatul hilal kita laksanakan besok tanggal 29 Ramadan. Karena memang rukyat itu tanggal 29. Kita melaksanakan di 27 titik di Jawa Timur," kata Ketua PW Lembaga Falakiyah NU Jatim Shofiyullah alias Gus Shofi, Senin, (10/5/2021).

Ia menjelaskan, dari sudut pandang Ilmu Falak, anak bulan atau hilal sangat mungkin tidak bisa dilihat saat dipantau Selasa besok.

Alasannya, ijtimak terjadi pada Rabu (12/5/2021) dini hari, sekitar pukul 02.00 WIB.

"Sementara syarat lahirnya hilal kalau sudah terjadi ijtimak. Jadi, kalau ijtimaknya belum terjadi enggak mungkin lahir hilal," ujarnya.

Di sisi lain, lanjut Gus Shofi, saat pemantauan hilal dilakukan, posisi hilal ialah minus empat derajat di bawah ufuk.

Sementara syarat terlihatnya hilal di Indonesia minimal dua derajat di atas ufuk.

Kalau minus itu menunjukkan bahwa hilal sudah terbenam lebih dulu sebelum waktu paling bagus pemantauan dilakukan, yakni saat terbenamnya Matahari.

"Minus itu maksudnya berarti menunjukkan bulan itu saat Maghrib, yang itu saat yang paling bagus untuk melihat hilal, hilal itu sudah terbenam lebih dulu. Jadi kalau sudah terbenam, kita mau melihat apa. Kan, tidak mungkin," tandasnya.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved