Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata Tinjau Vaksinasi Covid-19 Purnawirawan Polri

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata, meninjau dan mengecek secara langsung kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi purnawirawan Polri.

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: isy
Kukuh Kurniawan/TribunJatim.com
Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata saat meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi purnawirawan Polri di Klinik Polresta Malang Kota, Rabu (19/5/2021). 

Berita Malang Hari Ini
Reporter: Kukuh Kurniawan

SURYAMALANG.COM, MALANG - Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata beserta jajaran Pejabat Utama (PJU) Polresta Malang Kota mendatangi Klinik Polresta Malang Kota, Rabu (19/5/2021).

Dirinya datang, untuk meninjau dan mengecek secara langsung kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi purnawirawan Polri.

"Jadi pada hari ini, kita secara resmi memulai untuk vaksinasi bagi purnawirawan Polri. Jumlah alokasi yang menerima vaksin, kurang lebih sebanyak 201 orang. Dan kami lakukan secara bertahap, hari ini sebanyak 50 orang, besok 50 orang, sampai nanti kita selesaikan seluruhnya," ujar Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata kepada TribunJatim.com (grup SURYAMALANG.COM).

Dirinya menjelaskan, vaksin Covid-19 yang diberikan dalam kegiatan tersebut adalah jenis AstraZeneca.

"Tapi ini sudah kita klarifikasi, bahwa ini adalah batch yang aman dan sudah dinyatakan clear (tidak ada masalah). Sedangkan untuk jumlah vaksin yang disediakan, sebanyak 20 vial," jelasnya.

Dirinya pun juga menerangkan, bahwa pihaknya akan memantau kondisi purnawirawan Polri seusai menerima vaksin.

"Jadi seusai menerima vaksin, mereka tidak langsung pulang. Masih diberi waktu 15 menit, untuk melihat reaksi daripada vaksin yang diberikan. Dan nanti mereka kembali pada delapan minggu setelah hari ini, untuk melaksanakan vaksin yang kedua," terangnya.

Dirinya pun juga mengungkapkan, bahwa kegiatan vaksinasi Covid-19 di Kota Malang ini sangatlah penting bagi para purnawirawan Polri.

"Tentu sangat penting, karena kita tahu sendiri kesulitan bapak ibu purnawirawan Polri kalau harus divaksin ke Surabaya. Kita bisa bayangkan betapa letihnya, capeknya, dan berisiko. Dan hal ini akan sangat memudahkan, apabila vaksinatornya ada di dekat dari pada tempat tinggal para purnawirawan Polri itu," bebernya.

Dalam kesempatan tersebut, mantan Wakapolrestabes Surabaya ini juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Persatuan Purnawirawan (PP) Polri, Pemerintah Kota Malang, dan Dinas Kesehatan Kota Malang.

Karena berkat kerjasama yang terjalin dengan baik, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini dapat berjalan dengan lancar.

Sementara itu Kepala Urkes Polresta Malang Kota, drg. Akhmadi Prabowo mengungkapkan, rentang seusia purnawirawan Polri yang menerima vaksin antara 60 tahun hingga 80 tahun.

"Dan sebelum dilakukan vaksinasi, mereka harus melaksanakan screening. Untuk screeningnya, yaitu pemeriksaan tensi, gula darah dan kondisi fisik. Bila andaikan memiliki penyakit kronis yang berefek seperti jantung, maka harus punya rekom dari dokter yang merawat sebelum divaksinasi," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved