Berita Malang Hari Ini

Debat Terjadi Antara Sutiaji dengan Pendemo Soal Kasus 5 Calon TKI PT CKS Malang Kabur

Wali Kota Malang Sutiaji dengan dua perwakilan dari SBMI Malang Raya soal kasus calon pekerja migran PT CKS

rifky edgar/suryamalang.com
Adu debat terjadi antara Wali Kota Malang Sutiaji dengan sejumlah demonstrasi dari Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Malang Raya saat melaksanakan aksi demonstrasi di Balaikota Malang, Selasa (29/6/2021). 

Berita Malang Hari Ini
Reporter: Rifky Edgar
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | MALANG - Adu debat terjadi ketika massa dari Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Malang Raya melakukan aksi demonstrasi yang menuntut agar kasus lima calon pekerja migran di PT CKS diusut tuntas.

Debat tersebut melibatkan Wali Kota Malang Sutiaji dengan dua perwakilan dari SBMI Malang Raya di depan Balaikota Malang, Selasa (29/6/2021).

Sebelum debat itu terjadi, puluhan demonstran lebih dulu meminta agar Sutiaji menemui mereka yang sedang melakukan aksi.

Setelah itu Sutiaji memberikan sambutan kepada pra demonstran, hingga akhirnya ada salah satu dari massa aksi yang berteriak bahwa Sutiaji itu pembohong.

Pendemo mengungkapkan, pada saat itu, Sutiaji sedang memberikan informasi, bahwasanya PT CKS itu telah berizin, Pemerintah Kota Malang tidak berpihak, dan yang dibela ialah rakyat.

"Bohong-bohong," ucap salah satu demontrasi berbaju merah sembari memakai peci hitam.

Sutiaji pun kemudian memanggil demonstran tersebut dan mengatakan kebohongan apa yang dimaksud oleh orang tersebut.

Hingga akhirnya, debat pun terjadi dengan pengawalan ketat dari Satpol PP Kota Malang dan TNI/Polri.

Mereka membicarakan terkait siapa pahlawan devisa negara hingga alasan Sutiaji untuk melakukan sidak ke PT CKS pada 12 Juni 2021 kemarin.

Aksi debat itu pun berlangsung sekitar 15 Menit.

Hingga mereka bersepakat untuk saling berdiskusi di kemudian hari.

"Maka dari itu, catat ya, bukan hanya PT CKS, tapi siapapun kalau ada aksi perdagangan anak, eksploitasi anak dan kesewenang-wenangan kepada anak bangsa harus kami tindak," ucap Sutiaji.

Seusai debat itu terjadi, baik demonstran maupun Wali Kota Malang Sutiaji bersama-sama meninggalkan depan Balaikota Malang.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved