Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Mobilitas Masyarakat Masih Tinggi, Forkompimda Kota Malang Kembali Padamkan Lampu PJU

Mobilitas masyarakat di wilayah Kota Malang masih tinggi, sehingga membuat Kota Malang masuk dalam zona hitam.

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: isy
SURYAMALANG.COM/M Rifky Edgar
Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto 

Berita Malang Hari Ini
Reporter: Kukuh Kurniawan

SURYAMALANG.COM, MALANG - Mobilitas masyarakat di wilayah Kota Malang masih tinggi, sehingga membuat Kota Malang masuk dalam zona hitam.

Oleh karena itu, mulai malam ini, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Malang kembali menerapkan pemadaman lampu penerangan jalan umum (PJU).

Hal itu dilakukan, sebagai upaya untuk membatasi mobilitas masyarakat.

Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto, mengatakan berdasarkan penilaian dari Menko Marves, Kota Malang masuk zona hitam dalam pergerakan masyarakat di malam hari.

"Ada tiga indikator evaluasi yang dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan. Yakni Facebook Mobility, yang merekam komunikasi antar sesama dari GPS. Kemudian Google Activity, yang merekam ruas jalan. Dan yang ketiga,  pemantauan cahaya malam hari dari satelit NASA dan NOAA," ujarnya seusai menghadiri rakor Forkopimda Kota Malang di Balai Kota Malang, Rabu (14/7/2021).

Pria yang akrab disapa BuHer ini menjelaskan, dua indikator telah berhasil diatasi oleh Kota Malang.

Namun satu indikator lainnya, yaitu pemantauan cahaya dari satelit belum bisa diatasi.

"Oleh sebab itu, kami lakukan pemadaman lampu Penerangan Jalan Umum (PJU). Pemadaman lampu ini diawali dari inisiasi Pak Wali (Wali Kota Malang, Sutiaji) dan kami akan berlakukan kembali," tegasnya.

Pemadaman lampu PJU dilakukan di beberapa titik ruas jalan, antara lain di Jalan Raya Karanglo (yang mengarah ke Kota Malang) sampai Kacuk, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Trunojoyo, Jalan Ijen Besar, Jalan Kawi Atas, Jalan Kawi, Jalan WR Supratman, Jalan MT Haryono, dan Jalan Raya Tlogomas.

"Untuk mekanisme pemadaman, dimulai pukul 20.00 WIB sampai dengan pukul 05.00 WIB. Dan di lokasi pemadaman lampu PJU, kami lakukan patroli dinamis dan statis untuk mencegah aksi kriminalitas," terangnya.

Selain itu, pihaknya tetap melakukan penyekatan di sejumlah titik jalan, seperti di perbatasan Kota Malang-Kabupaten Malang maupun Kota Malang menuju Kota Batu.

"Kami juga tetap melakukan penyekatan dan pembatasan di batas kota, termasuk memperkuat PPKM Mikro dan Kampung Tangguh," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved