Breaking News:

Geger Baliho Puan Maharani Dicoret Tulisan 'Open BO', Polisi Turun Tangan Lakukan Penyelidikan

Baliho bergambar Puan Maharani menjadi korban vandalisme. Baliho yang dipasang di depan kantor DPC PDIP Kabupaten Blitar itu dicoret tulisan Open BO

Editor: eben haezer
ist/kompas.com
Baliho bergambar Ketua DPR RI, Puan Maharani, jadi korban vandalisme dan dicoret tulisan Open BO 

SURYAMALANG, BLITAR - Baliho bergambar Puan Maharani menjadi korban vandalisme. Baliho yang dipasang di depan kantor DPC PDIP Kabupaten Blitar itu dicoret dengan tulisan 'Open BO'. 

Aksi vandalisme ini langsung mendapat perhatian dari polisi. Kapolres Blitar, AKBP Leonard M Sinambela mengatakan bahwa pihaknya masih menyelidiki kasus tersebut setelah dilaporkan oleh DPC PDIP Kabupaten Blitar

"Ada laporan itu (vandalisme) ke kami. Yang sesuai laporan pelapor adalah pejabat DPC PDIP Kabupaten Blitar, kemarin (23/7/2021)," ujar Leo dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu sore (24/7/2021).

Leo mengatakan, pelaku vandalisme akan dijerat dengan pasal berlapis.

Selain itu, ujarnya, polisi juga melihat kasus tersebut sebagai tindak penghinaan pejabat tinggi negara sebagaimana diatur pada Pasal 207 KUHP.

"Kami gunakan Pasal 170 KUHP, juncto pasal 406 KUHP, subsider Pasal 207 KUHP dan Pasal 310 KUHP," jelasnya.

Leo tidak bersedia mengungkapkan lebih jauh jalannya proses penyelidikan. Namun, kata Leo, polisi memperkirakan aksi vandalisme itu dilakukan pada Kamis (22/7/2021) dini hari.  

Materi laporannya, ujar Leo, adanya coretan bertuliskan "Open BO" di dekat foto Puan Maharani yang terpampang di baliho tersebut.

Pelaporan itu terkait adanya coretan menggunakan cat hitam pada baliho yang memajang foto Puan Maharani yang dipasang jelang pelaksanaan rapat kerja daerah (Rakerda) DPD PDI-P Jawa Timur yang berlangsung di Blitar pada 21 Juni 2021.

Pada rapat kerja tersebut, seluruh perwakilan DPC PDI-P di seluruh Jawa Timur mengusulkan ketua DPR RI, Puan Maharani untuk diusung sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

Pada baliho berukuran sekitar 2x3 meter yang jadi target vandalisme itu terdapat coretan tulisan "Open BO" di dekat foto Puan Maharani.

Namun, siang ini baliho dengan coretan "Open BO" itu sudah ditutup dengan poster bertuliskan "Selamat HUT RI Ke 76", sementara foto Puan Maharani, Megawati dan Presiden Soekarno ada di belahnya.

Seorang pekerja bengkel mobil yang ada persis di sebelah bangunan Kantor DPC PDI-P mengatakan, pemasangan poster yang menutup baliho Puan Maharani dilakukan Jumat pagi (23/7/2021). "Seingat saya baliho-nya ditutupi dengan poster yang baru itu kemarin pagi, atau kemarinnya lagi. Tapi yang jelas pagi," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Aksi Vandalisme Coretan "Open BO" di Baliho Puan Maharani, Polisi Turun Tangan"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved