Breaking News:

Berita Kediri Hari Ini

Gejolak di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kediri, Ketuanya Laporkan 2 Akun Instagram

Akun-akun tersebut, memproduksi konten informasi yang dinilai menyinggung atau mencemarkan nama baik sosok Faizal secara pribadi maupun organisasi

Editor: Dyan Rekohadi
TribunJatim/Luhur Pambudi
Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kediri, Faizal Kurniawan setelah mengadukan dua akun media sosial (medsos) Instagram (IG) ke pihak penyidik Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim, Rabu (13/10/2021). 

Penulis : Luhur Pambudi

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kediri, Faizal Kurniawan mengadukan dua akun media sosial (medsos) Instagram (IG) ke Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim, Rabu (13/10/2021).

Dua akun yang dimaksud bersifat anonim yakni @anonym99976 dan @penjualsuaracabang.

Akun-akun tersebut, memproduksi konten informasi yang dinilai menyinggung atau mencemarkan nama baik sosok Faizal secara pribadi maupun organisasi kemahasiswaan yang diikutinya.

"Saya melaporkan dugaan pencemaran nama baik di sebuah akun media sosial Instagram. Menyerang secara organisasi dan pribadi," katanya pada awak media di Lobby Utama Gedung Ditreskrimsus Mapolda Jatim, Rabu (13/10/2021).

Kemunculan kedua akun anonim yang memproduksi konten informasi berisi mencemarkan nama baiknya itu, berkaitan dengan hasil Musyawarah Daerah (Musda) Badan Koordinator (Badko) HMI Jatim yang digelar Jumat (24/9/2021) kemarin.

Kedua akun tersebut membuat konten editing gambar memanfaatkan sebuah foto dirinya yang dibubuhi kata-kata bermakna tuduhan intimidatif, atau bahkan bersifat penghinaan.

"Menyebut nama dan foto saya bertuliskan 'saya penghianat organisasi menjual HMI Cabang Kediri'. Ada satu (postingan) yang menyinggung saya," ungkapnya.

Saat bertemu penyidik, Faizal mengaku telah menyampaikan segala informasi yang diketahuinya terkait kasus dugaan pencemaran nama baik itu yang menyudutkan dirinya.

Termasuk perihal terduga sosok pelaku yang menjadi otak sekaligus operator akun medsos IG yang memproduksi konten informasi tersebut.

"Saya sampaikan ke penyidik tiga orang (terduga pembuat akun). Ini jadi pembelajaran kalau medsos jangan dibuat asal-asalan. Ingin polisi tindak lanjuti ini," pungkasnya.

Akun-akun yang dilaporkan saat ini masih aktif dan konten informasi berupa unggahan foto hasil editing yang dimaksud Faizal masih terpampang jelas, pada pukul 20.00 WIB, Rabu (13/10/2021).

Akun @penjualsuaracabang mengunggah foto tersebut sejak Senin (11/10/2021), dengan membubuhi narasi, "Gorengannya kak!"

Kemudian, akun @anonym99976 mengunggah foto tersebut pada hari yang sama yakni Senin (11/10/2021), dengan membubuhi narasi, "TERJUAL."

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved