Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Wakil Ketua PWNU Jatim KH Ahmad Fahrur Rozi Serukan Pengurus NU ke Depan Harus Kader Pesantren

Wakil Ketua PWNU Jatim, KH Ahmad Fahrur Rozi, menyerukan komposisi pengurus PBNU harus berasal dari pondok pesantren.

Penulis: Mohammad Erwin | Editor: isy
Ponpes Annur Bululawang
Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Ahmad Fahrur Rozi. 

Berita Malang Hari Ini
Reporter: Erwin Wicaksono
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | MALANG - Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Ahmad Fahrur Rozi, menyerukan komposisi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) harus berasal dari pondok pesantren.

Fahrur menjelaskan jabatan Ketua Tanfidziyah serta pengurusnya harus diisi oleh kader sosok-sosok alumni pondok pesantren.

"Di dalam Pondok Pesantren Kiai memiliki peran yang sangat menentukan, maka di dalam Nahdlatul Ulama dikenal Kepemimpinan Syuriyah yang terdiri dari para ulama atau Kyai selaku Pemimpin tertinggi. Keduanya menempatkan Kyai atau ulama dalam posisi tertinggi dalam struktur kepemimpinan. Karena ulama adalah mata rantai pembawa ajaran Islam Ahlussunnah Wal Jamaah," ujar Fahrur ketika dikonfirmasi, Selasa (26/10/2021).

Pria yang juga menjadi Pengasuh Pondok Pesantren An-Nur 1 Bululawang menjelaskan kaitan logis pengurus PBNU harus diisi alumni pondok pesentren.

"Kebanyakan kyai sepuh juga mengkhawatirkan ketika kepengurusan NU berada ditangan aktivis karbitan non santri, yang lebih banyak mendahulukan logika rasional namun miskin keberkahan spritual. Yang akan menyeret NU ke pusaran konflik partai politik dan perebutan kekuasaan," jelas pria yang akrab disapa Gus Fahrur ini.

Kendati demikian, Fahrur menilai para kalangan profesional juga perlu dirangkul untuk kemajuan banom atau badan otonom strategis Nahdlatul Ulama.

"Pengurus harian PBNU, diperlukan sistem yang memberikan kesempatan kepada seseorang untuk memimpin berdasarkan kemampuan, prestasi dan rekam jejak pengabdian di NU," tutup Fahrur.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved