Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Sedot Septic Tank di Kota Malang dalam Peringatan Hari Toilet Sedunia

Hari Toilet Sedunia, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang melakukan penyedotan septic tank

SURYAMALANG.COM/Rifky Edgar
Petugas UPT PALD DPUPRPKP Kota Malang saat melakukan penyedotan septic tank dalam rangka memperingati Hari Toilet Sedunia 2021, Jumat (19/11/2021). 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Dalam rangka memperingati Hari Toilet Sedunia, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang melakukan penyedotan septic tank di rusunawa 1 Kedungkandang, Kota Malang, Jumat (19/4/2021).

Selain melakukan penyedotan septic tank, kegiatan yang dilakukan oleh UPT PALD DPUPRPKP Kota Malang ini juga mengedukasi masyarakat agar melakukan penyedotan septic tank secara rutin dan terjadwal.

Kepala DPUPRPKP Kota Malang, Diah Ayu Kusuma Dewi mengatakan, bahwa kegiatan penyedotan septic tank ini telah dilakukan di sejumlah titik.

Di antaranya ialah menyebar sejumlah fasilitas umum seperti masjid, sekolah, rumah milik warga yang berpenghasilan rendah, hingga ke rusunawa 1 dan 2 milik Pemkot Malang.

"Karena ini semua kami lakukan dalam rangka hari toilet sedunia 2021. Jadi kami berharap semua warga untuk melakukan penyedotan septic tank nya secara rutin dan terjadwal, karena septitank yang bersih itu bagian dari menuju sanitasi yang sehat," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, penyedotan dilakukan di empat septic tank yang berada di rusunawa 1 Kota Malang.

Penyedotan itu menggunakan satu truk tangki dan tidak kenakan biaya alias gratis.

Kepala UPT PALD, Arif Dermawan menjelaskan, bahwa sebenarnya biaya penyedotan septic tank ke rumah warga adalah gratis.

Akan tetapi, ada biaya tambahan sebesar Rp 15.000 yang digunakan untuk mengolah tinja.

Proses pengelolaan tinja ini dilakukan di TPA Supit Orang Kota Malang.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved