Breaking News:

Berita Kediri Hari Ini

Bandara Internasional Dhoho di Kediri Siap Beroperasi Pertengahan 2023, Didukung Koneksi Jalan Tol

Istata Taswin Siddharta, Direktur PT Gudang Garam Tbk target pembangunan Bandara Internasional Dhoho akan selesai akhir 2022 dan siap beroperasi 2023

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Didik Mashudi
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bersama rombongan mengunjungi proyek Bandara Internasional Dhoho Kediri, Selasa (30/11/2021). 

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Bandara Internasional Dhoho Kediri ditargetkan sudah bisa beroperasi di tahun 2023.

Proses pembangunan bandara yang dibangun oleh PT Gudang Garam Tbk itu bahkan juga akan diiringi dengan pembangunan jalan tol Bandara yang terkoneksi dengan jalan tol Kediri - Tulungagung.

Istata Taswin Siddharta, Direktur PT Gudang Garam Tbk menargetkan pembangunan Bandara Internasional Dhoho akan selesai akhir 2022 dan siap beroperasi pertengahan 2023. 

Saat ini progres pembangunan bandara telah masuk tahapan eartwork serta sudah mencapai 80 persen. 

“Salah satu tujuan pembangunan bandara ini untuk meningkatkan konektivitas dan memperbaiki disparitas pembangunan di Jawa Timur bagian Selatan. Daerah di sekitar bandara juga akan tumbuh menjadi pusat perekonomian baru,” kata Istata, sewaktu mendampingi kunjungan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Selasa (30/11/2021).

Dijelaskan, PT Gudang Garam Tbk melalui anak perusahaannya akan membangun akses jalan menuju bandara sepanjang 7,2 km sebagai bagian rangkaian Tol Kediri – Tulungagung sepanjang 37 km.

Sehingga total panjang tol tersebut adalah 43 km.

Bandara Internasional Dhoho  memiliki runway sepanjang 3.300 meter dengan lebar landasan 45 meter berada di atas lahan seluas 371 hektar. 

Dengan luas terminal 18.000 meter persegi, bandara akan mampu menampung 1,5 juta penumpang setiap tahun. 

Sebagai bandara  internasional, Bandara Dhoho juga melayani penerbangan internasional untuk keperluan ibadah haji dan umroh.

Desain rencana pembangunan Bandar Udara di Kediri
Desain rencana pembangunan Bandar Udara di Kediri (suryamalang.com/Didik Mashudi)
Halaman
123
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved