Breaking News:

Travelling

Penampakan Dinosaurus dari Karet Ban Bekas di Beluron Bengawan Solo (BBS) Gresik

Ada dinosaurus terbuat dari karet ban bekas di Beluron Bengawan Solo (BBS) yang berlokasi di Desa Baron, Kecamatan Dukun, Gresik.

Editor: Zainuddin
SURYAMALANG.COM/Willy Abraham
Dinosaurus terbuat dari karet ban bekas di Beluron Bengawan Solo (BBS) yang berlokasi di Desa Baron, Kecamatan Dukun, Gresik. 

SURYAMALANG.COM, GRESIK - Ada dinosaurus terbuat dari karet ban bekas di Beluron Bengawan Solo (BBS) yang berlokasi di Desa Baron, Kecamatan Dukun, Gresik.

Wisata tersebut dilengkapi dengan patung Dinosaurus setinggi tujuh meter.

Ikon tersebut terbuat dari limbah ban yang dirangkai mirip binatang raksasa yang pernah hidup di masa lampau.

Kepala Desa Baron, Nurul Yatim mengatakan wisata ini berawal dari keprihatinan karena Desa Baron terdampak banjir luapan Bengawan Solo.

Saat itu banyak anak-anak yang 'beluron' berenang.

Desa Baron sudah bebas dari banjir sejak tahun 2016.

Akhirnya Pemerintah Desa (Pemdes) berinovasi dengan membuat tempat wisata untuk mendongkrak pendapatan asli desa (PADes) dan ekonomi masyarakat sekitar.

"Wisata ini menampung 78 pelaku UMKM di desa. Pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000. Itu sudah dapat makanan ringan hasil produksi usaha warga," kata Yatim kepada SURYAMALANG.COM, Sabtu (4/12/2021).

Ada fasilitas kolam renang untuk dewasa dan anak-anak.

Juga ada kolam terapi ikan.

"Filosofinya tentang lingkungan. Kami membuat ikon dari bahan bekas untuk mengurangi limbah lingkungan. Ban bekas berubah menjadi dinosaurus," kata dia.(Willy Abraham)

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved