Breaking News:

Gunung Semeru Meletus

UPDATE Korban Erupsi Gunung Semeru, Gubernur Khofifah Peringatkan Lokasi Bencana Bukan Spot Wisata

"Daripada berselfie ria di lokasi bencana baiknya berempati dengan menghimpun dan menyalurkan bantuan atau mendoakan para korban bencana"Kata Gubernur

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Lumajang, Thoriqul Haq meninjau jembatan Besuk Koboan (Gladak Perak) yang putus akibat erupsi Gunung Semeru di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candi Puro, Kabupaten Lumajang, Senin (6/12/2021) 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memperingatkan masyarakat yang mendatangi lokasi bencana erupsi Gunung Semeru hanya untuk sekedar berselfie maupun mengambil foto untuk kebutuhan konten medsos.

"Bagi masyarakat yang tidak berkepentingan agar jangan mendekati zona merah karena berbahaya. Apalagi kalau cuma untuk sekedar berselfie dan mengambil foto bencana. Lokasi bencana, bukan lokasi wisata," tegas Khofifah yang kini sudah kembali berkantor di Surabaya , Rabu (8/12/2021).

Menurut Khofifah, jangan sampai demi eksistensi di media sosial warga mengabaikan keselamatan diri.

"Daripada berselfie ria di lokasi bencana baiknya berempati dengan menghimpun dan menyalurkan bantuan atau mendoakan para korban bencana yang sampai saat ini ada yang masih hilang belum  diketemukan," imbuhnya. 

Ia meminta masyarakat tidak mendekati Zona Merah.

Pasalnya, hingga saat ini Gunung Semeru terpantau masih terus mengeluarkan material vulkanik. 

Khofifah menegaskan agar masyarakat beraktivitas dalam radius aman.

Ia meminta masyarakat menghindari arah bukaan kawah di sektor tenggara-selatan.

Tak hanya itu ia juga mengimbau agar seluruh masyarakat mewaspadai awan panas guguran,Guguran lava dan lahar di sepanjang aliran sungai atau lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru.

Termasuk potensi luncuran di sepanjang lembah jalur awan panas Besuk Kobokan.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved