Breaking News:

Gunung Semeru Meletus

Ajaibnya Rumah Pak Roh yang Lolos dari Material Vulkanik Gunung Semeru di Kampung Renteng Lumajang

Kondisi rumah pak Roh yang terbebas dari abu vulkanik itu sangat kontras jika dibandingkan dengan kondisi pemukiman terdampak erupsi Gunung Semeru

Penulis: Danendra Kusuma | Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Danendra Kusuma
Rumah pak Wagiman atau Pak Roh tetap berdiri tegak terhindar dari sapuan awan panas guguran dan lahar Gunung Semeru, Kamis (9/12/2021). 

SURYAMALANG.COM, LUMAJANG - Rumah milik Wagiman (55) alias pak Roh warga Dusun Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang menarik perhatian karena kondisinya yang 'bersih' dari timbunan material vulkanik Gunung Semeru.

Kondisi rumah pak Roh yang terbebas dari abu vulkanik itu sangat kontras jika dibandingkan dengan kondisi pemukiman terdampak erupsi Gunung Semeru lainnya.

Tak ada tanda-tanda kerusakan yang terlihat di rumah Wagiman, atap utuh, kaca jendela tak pecah, tembok tak retak, dan dalam rumah bersih dari abu vulkanik.

Sedangkan rumah milik tetangganya di sisi kiri maupun kanan, tertimbun lahar sekitar 2-4 meter.

Pak Roh adalah sosok yang sederhana.

Saat ditemui Suryamalang.com dikediaman kerabat yang masih berada di Desa Sumberwuluh, dia mengenakan batik biru, topi merah kesayangan, dan celana pendek hitam.

Wagiman juga tak mengira bila rumahnya tetap berdiri kokoh saat material vulkanik Gunung Semeru menghempas Dusun Kampung Renteng.

Dia mengetahui rumahnya tetap utuh, dari para tetangga, sehari pasca erupsi Gunung Semeru, Minggu (5/12/2021).

"Saya sudah pasrah saat itu. Tetapi tetangga mengabarkan rumah saya tetap utuh. Saya tak menyangka," katanya, Kamis (9/12).

Sementara, banyak warganet menganggap jika keajaiban rumah Wagiman tak tersapu material vulkanik karena amalan yang dijalankan.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved